JK Merasa Seumur Hidup Tidak Kena Macet

publicanews - berita politik & hukumWakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Katdata)
PUBLICANEWS, Jakarta - "Kalau orang tanya Jakarta macet, di mana ya macetnya?" pertanyaan bernada guyon ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Kadin Talk di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Kamis (31/1).

Dalam forum itu JK bercerita mengenai rencana setelah pensiun sebagai wapres pada 20 Oktober 2019 mendatang. Pria 76 tahun itu mengatakan, ia sudah 20 tahun bergelut di pemerintahan.

"Setidak-tidaknya saya ini 20 tahun tidak akan macet, lima tahun terakhir tidak macet. Kemudian ada peraturan baru, sampai pensiunan wapres tetap dikawal. Jadi seumur hidup tidak akan macet," kata JK bercanda.

Itu sebabnya, masih dengan berseloroh, ia mempertanyakan bila banyak orang selalu mengatakan Jakarta macet. Sebagai pejabat tinggi negara, JK tidak mengenal macet karena selalu dikawal.

Namun, ia juga merasa banyak sekali aturan. Salah satunya, pengawalan dan protokuler. "Gak ada lagi kemerdekaan pribadi. Kiri ke kanan tergantung protokol. Itu juga tidak enak. Tapi bagi saya, saya selalu ingin lebih baik," ujarnya.

Soal kebih baik itu juga ia sampaikan dalam mengisi kegiatan pasca lengser untuk jabatan kedua sebagai wapres nanti. Ia akan lebih bergiat di bidang pendidikan dan perdamaian.

Khusus untuk usaha yang telah dirintis sejak muda dan kini berkembang pesat, JK mengatakan sudah melakukan regenerasi.

"Jadi saya angkat tanganlah kalau soal itu. Memang dunia ini sudah harus kita serahkan pada yang muda-muda, kita tidak lagi seperti itu," katanya.

Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan, ini memiliki beragam bisnis yang ia rintis sejak 1969. Usaha dalam payung Kalla Group itu tidak hanya bidang otomotif, tetapi juga merambah pada konstruksi, properti, logistik, dan energi.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2014, total kekayaan Jusuf Kalla mencapai Rp 465 miliar ditambah 1.058.564 dollar AS. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top