KPK Pastikan Tidak Hadiri Debat Pilpres 2019

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo memastikan tidak akan menghadiri debat perdana capres 2019 yang diselenggarakan KPU. Debat yang digelar Kamis (17/1) malam di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, besok akan mengambil tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

"Kami sudah dari awal memberitahukan kepada KPU, KPK tak bisa hadir dalam acara debat," ujar Agus di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Ketidaskhadiran KPK sebagai panelis, kata Agus, karenakan komisi antirasuah tidak ingin masuk dalam ranah politik. Pimpinan KPK pun sepakat untuk menjaga independensi.

"Kan pada waktu kita mau masuk banyak yang memperdebatkan, jangan sampai kita masuk ranah politik. Independensi kita dimana," Agus menambahkan.

Agus mengatakan, KPK hanya akan terlibat dalam hal pembuatan pertanyaan debat. Kedua paslon pun telah menerima pertanyaan dari KPK. Namun, apakah pertanyaan tersebut runut, Agus tidak tahu perkembangannya.

"Tidak tahu karena setiap sub seksi ada 5 (pertanyaan), 5 untuk hukum, 5 untuk terorisme, 5 untuk korupsi, 5 untuk HAM. Yang keluar yang mana kan enggak tahu. Tapi sudah dibagikan kalau tidak salah," Agus menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. arif @muhammad arif17 Januari 2019 | 15:09:11

    kalo emang dia harus hadis dia harus hadir jangan disuruh hadis dia tidak hadi

Back to Top