Sambutan Jokowi pada HUT PDIP Mendadak Terhenti

publicanews - berita politik & hukumMegawati Soekarnoputri memotong tumpeng dalam perayaan HUT ke-46 PDIP di JIExpo Kemayoran Jakarta, Kamis (10/1). (Foto: Setkab.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak diam cukup lama di podium saat memberikan sambutan pada HUT ke-46 PDIP. Awalnya, Jokowi menyebutkan beberapa nama tamu yang hadir di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1).

Sejumlah kader PDIP merespon sikap diam Jokowi itu dengan mengingatkan rekan lainnya. "Sstt... diam, adzan," ujar beberapa peserta.

Siang itu, ketika Jokowi mengawali sambutan bertepatan dengan waktu shalat Dzuhur. Gema adzan memang sayup-sayup terdengar. Jokowi kemudian menghentikan pidato sekitar 2 menit 57 detik.

Usai penanda waktu shalat, Jokowi melanjutkan sambutannya. "Saya lanjutkan. Yang saya hormati calon Wapres RI Bapak Prof KH Ma'ruf Amien," kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi memuji Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai figur yang memiliki keyakinan ideologi yang sangat kuat. Mega juga merupakan pribadi yang konsisten memperjuangkan Pancasila.

"Figur yang keyakinan Pancasila sangat sangat sangat sangat kuat," Jokowi menekankan.

Bagi Jokowi, Megawati merupakan sentral di partai dan bagi seluruh kader. "Pemikiran, ucapan, dan tindakannya selalu begitu membekas dalam diri kita semuanya. Keberaniannya, ketulusannya, konsistensinya selalu menjadi teladan bagi kita semuanya seluruh kader PDIP," Jokowi memuji.

Presiden juga menyerukan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdiri di atas kaki sendiri dengan menjaga aset terbesar, yaitu kerukunan dan persatuan.

"Oleh sebab itu, kita tak boleh berhenti bergerak, kita harus gotong-royong memperkuat persatuan kita, membumikan Pancasila, bergerak bersama-sama agar Indonesia adil, makmur, dan sejahtera," kata Jokowi.

Puncak acara HUT ditanndai dengan pemotongan tumpeng. Megawati menyerahkan potongan pertama kepada Presiden Jokowi. Potongan kedua untuk Wapres Jusuf Kalla, dan ketiga kepada Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin.

Selain dihadiri ribuan kader PDIP, tampak pula dua mantan wapres Try Sutrisno dan Hamzah Haz. Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo,dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top