Ada Bom Pipa di Rumah Ketua KPK, Polisi: Itu Fake Bomb

publicanews - berita politik & hukumBom pipa yang ditemukan di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi. (Foto: YouTube)
PUBLICANEWS, Jakarta - Bom pipa yang ditemukan di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo merupakan bom palsu atau fake bomb. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan hal itu di kantornya, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/1) siang.

"Kabel-kabelnya tidak berkaitan, tidak ada detonator. Jadi fake bomb itu," kata Dedi.

Bom pipa palsu itu tergantung di pagar rumah Agus di Perumahan Graha Indah, Blok A9/15 RT 004/014, Kelurahan Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pipa paralon tersebut berisi serbuk putih dan paku baut. 'Bom' ditaruh di dalam sebuah tas keresek hitam.

Tim Densus 88 Antiteror telah memeriksa bom tersebut bersama tim Gegana Polda Metro Jaya dan Laborarotium Forensik. Tim gabungan sudah meninggalkan rumah Agus.

Hari ini, ada dua bom meneror dua pimpinan KPK, satu lagi di rumah Wakil Ketua Laode Muhammad Syarif di Jalan Kalibata Selatan No.42 C RT 01/04 Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Waktunya hampir bersamaan, yakni (Rabu (9/1) dini hari.

Kadivhumas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan polisi masih mendalami barang bukti dan rekaman CCTV. Ia meminta masyarakat memberi waktu bagi tim kepolisian untuk mengungkap kasus ini. "Mudah-mudahan tidak ada motif apapun," ujar Iqbal, di Mabes Polri, siang ini.

Adapun bom yang ditemukan di rumah Laode berupa botol kaca berisi minyak tanah (bukan spiritus seperti disebutkan sebelumnya) dan memiliki sumbu.

Seorang tetangga mengatakan, ia mendengar suara botol pecah pada pukul 00.30 WIB. Lalu terdengar deru sepeda motor melaju kencang.

"Kayak ada botol kaca. Ada yang ngelempar ke gang, bunyinya seperti botol pecah. Lalu ada bunyi bluk," ujar Anita, sang tetangga.

Kesaksian serupa disampaikan oleh Suwarni (59) pedagang kue di depan rumah Laode. Situasi di gang tersebut sepi. Paginya, ia melihat supir Laode bernama Bambang datang. Ketika membuka pagar, ia melihat Bambang memungut botol kaca dengan sumbu di atasnya.

"Ada apa pak Bambang? (Bambang menjawab) Ada bom molotov," ujar Suwarni. Tak lama kemudian, ia melihat Laode bersama istrinya keluar rumah. Laode terlihat sibuk menelepon. (oca)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. arif @muhammad arif10 Januari 2019 | 14:05:07

    Tidak perlu ada yang di khawatirkan jika bom itu palsu/fake

Back to Top