Bambang Widjojanto Dicoret dari Panelis Debat Pilpres

publicanews - berita politik & hukumBambang Widjojanto. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan pencopotan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) dari daftar panelis Debat Pilpres 2019 atas masukan masyarakat. Alasannya, BW pernah menjadi tim sukses pasangan calon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Pasangan Anies-Sandi diketahui mengalahkan jagoan PDIP Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

"Kami terima banyak surat termasuk dari media sosial bahwa marwah KPU yang independen harus diproses. Sedangkan Pak BW pernah menjadi bagian kampanye Pak Sandi. Kurang elok kalau panelis berpihak pada salah satu paslon," kata Hasto di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/1).

Timses Jokowi-Ma'ruf, Hasto menambahkan, menjabarkan keberatan masyakarat dan menyampaikannya ada KPU.

Sabtu (5/1) malam, KPU menggelar rapat membahas kebutuhan panelis bersama Bawaslu dan tim dari masing-masing pasangan calon. Ada dua nama yang akhirnya dicoret dari daftar panelis Debat Pilpres 2019. Selain BW, ada juga Koordinator Indonesia Corruption Adnan Topan Husodo.

Menurut Ketua KPU Arwf Budiman, rapat memutuskan hanya ada enam panelis. "Kami bersepakat membahas ini bersama-sama dengan Bawaslu dan tim paslon nomor urut 01 dan 02. Jadi, ini bukan dicopot, tapi masing-masing calon sepakat agar panelisnya dikurangi," ujar Arief Budiman di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top