Meski Ada Serangan KKB, Proyek Trans Papua Jalan Terus

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek jalan Trans Papua ruas Merauke-Boven Digoel, pada 16 November 2018. (Foto: Setpres)
PUBLICANEWS, Lampung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pembangunan jalan Trans Papua terus berlanjut meski ada insiden penembakan brutal terhadap pekerja proyek.

Namun, untuk saat ini, pemerintah mengutamakan untuk mengevakuasi korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua.

"Ya ini masih proses yang di sana belum selesai, akan kita selesaikan terutama evakuasi secepat-cepatnya. Setelah itu pembangunan tetap akan jalan," kata Jokowi usai menghadiri acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2018 di Mahligai Agung Convention Hall, Universitas Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Kamis (6/12).

Jokowi menegaskan, para pekerja nantinya didampingi pihak keamanan di manapun pembangunan itu dilakukan di kawasan Papua. Hal itu untuk menjamin keamanan mereka.

"Pembangunan infrastruktur, terutama jalan di Tanah Papua, tidak akan pernah berhenti. Tetap akan jalan terus," Jokowi menegaskan.

Jokowi menjelaskan, tujuan pemerintah melakukan pembangunan di Papua yakni untuk menciptakan rasa keadilan sosial di timur Indonesia tersebut. "Agar ketimpangan infrastruktur antara Jawa dengan Papua, antara barat dan timur, betul-betul bisa kita kejar," ia menambahkan.

Sementara itu tim gabungan TNI-Polri berhasil mengidentifikasi 9 jenazah korban penembakan KKB pimpinan Egianus Kogoya itu.

"Clear, semua 9 jenazah, semua laki-laki," kata Kabid Dokkes Polda Papua Kombes dr Ramon Amima di posko gabungan TNI-Polri, di hanggar Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua, kemarin.

Seluruh jenazah akan diserahkan ke pihak perusahaan dan diteruskan pada keluarga masing-masing pada Jumat (7/12) ini.

Berikut nama 9 korban yang berhasil teridentifikasi:

1. M Agus
2. Yudsafat
3. Alpinus
4. Fais Syaputra
5. Carly Zatrino
6. Jepri Simaremare
7. Agustinus
8. Aris Usi
9. Yusran

(m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top