Posisi Taufik Kurniawan di DPR Bukan Urusan KPK

publicanews - berita politik & hukumTaufik Kurniawan saat masih menjadi saksi di KPK. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengurusi soal pergantian Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Taufik diketahui menjadi tersangka kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen 2016.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, lambannya proses pemeriksaan Taufik menjadi alasan terhambatnya proses pergantian posisi Wakil Ketua DPR.

"Pekerjaan kami di KPK itu menyelidik dan menyidik kasus korupsi. Kami tidak ada hubungannya dengan menghambat jabatan seseorang,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (5/12).

Syarif menambahkan, mengenai status politisi PAN itu di parlemen, komisi antirasuah menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme di DPR.

"Sekarang dia tersangka. Karena dia tersangka tergantung DPR, apa yang akan mereka lakukan. Kami hanya mengurus tindak pidana korupsinya," ujar Syarif.

Penyidikan kasus Taufik, kata Laode, KPK tidak bisa mempercepatnya, apalagi saat ini Taufik tengah sakit.

Dalam kasus suap DAK Kebumen, penyidik menduga Taufik menerima Rp 3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad.

Sejauh ini, partai berlambang matahari terbit itu baru mengambil langkah untuk menonaktifkan Taufik sebagai Wakil Ketua Umum PAN. Langkah tersebut diambil usai penyidik KPK menahan Taufik. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top