BPK Akan Hitung Kerugian Negara dalam Kemah Pemuda Islam

publicanews - berita politik & hukumAnggota Badan Pemeriksa Keuangan Achsanul Qosasi. (Foto: Twitter/@AchsanulQosasi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan memeriksa dana hibah Kemenpora untuk kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Anggota BPK Achsanul Qosasi mengatakan, pemeriksaan dilakukan karena ada permintaan audit dari Kepolisian untuk menghitung kerugian negara.

"Polda Metro sudah mengirim surat untuk perhitungan kerugian negara. Tapi belum melakukan ekpose sehingga kami belum mengetahui potensi kerugian negaranya," ujar Achsanul saat dimintai konfirmasi oleh wartawan, Rabu (5/12).

Menurutnya, hingga saat ini BPK belum pernah menghitung ada tidaknya kerugian negara dalam acara yang diikuti Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor itu. Kerugian negara yang beredar selama ini masih versi polisi.

Bagi BPK, kata Achsanul, tidak bisa memeriksa parsial karena sumbernya dari akun yang sama, penggunaannya pun sama. "Sehingga kami akan memeriksa dana hibah yang diperuntukan bagi ormas kepemudaan," Achsanul menambahkan.

Pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh, termasuk dana hibah yang diberikan kepada GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah dalam kegiatan tersebut.

"Karena itu berasal dari mata anggaran yang sama, enggak mungkin pisah-pisah. Karena mata anggaran berasal dari satu pos (rekening) yang sama. Kegiatannya juga sama," Achsanul menjelaskan.

Mengenai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kemenpora 2017 yang dinyatakan tak bermasalah, Achsanul membenarkannya. Nilainya juga tidak signifikan.

"(Dana) hibah itu tidak didalami karena nilainya tidak signifikan dibanding total budget Kemenpora yang Rp 1,7 triliun. Iya, kita periksa (dana hibah) karena ada permintaan dari aparat penegak hukum," Achsanul menegaskan.

Dalam kasus ini, polisi sudah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya mantan Ketum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan panitia kegiatan dari Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani. Pihak Kemenpora dan GP Ansor juga sudah dimintai keterangan. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top