Trade Expo Indonesia 2018

KBRI Mesir Fasilitasi Kontrak Tambahan Rp 136 Miliar

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi meninjau gerai produk Indonesia peserta Trade Expo Indonesia 2018 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, Tangerang, 24 Oktober. (Foto: katadata)
PUBLICANEWS, Jakarta - Perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 berakhir. Dalam dua hari terakhir, ekspo yang difasilitasi KBRI Mesir itu berhasil menandatangani kontrak dagang Indonesia-Mesir senilai 8,98 juta dolar AS atau sekitar Rp 136,6 miliar). Dengan demikian, total kontrak dagang yang berhasil diraih dalam pameran perdagangan terbesar Indonesia ini mencapai 76,48 juta (sekitar Rp 1,16 triliun).

Dubes Helmy Fauzi mengaku puas dengan capaian yang diraih delegasi Mesir. Selain membukukan kontrak dagang, setidaknya 6 penghargaan Primaduta Award diraih dalam TEI 2018. Menurutnya, capaian ini tidak lepas dari kerja sama erat antara pengusaha Indonesia, Mesir dan KBRI.

Capaian tersebut, ujar Helmy, semakin menguatkan arti pentingnya visi diplomasi ekonomi yang dibawa Presiden Joko Widodo. Arahan Presiden Jokowi agar semua kepala perwakilan menjadi salesman bagi produk Indonesia adalah hal yang mudah diukur dan faktual.

“Memaksimalkan perwakilan di luar negeri sebagai garda depan penjualan produk Indonesia adalah hal tepat untuk terus meningkatkan volume ekspor kita ke luar negeri,” ujar Dubes Helmy dalam rilisnya di Jakarta, (29/10).

Setidaknya ada delapan nota kesepahaman kontrak dagang RI-Mesir yang ditandatangani pada 27-28 Oktober ini. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), misalnya, mengikat kontrak ekspor kertas fotokopi dengan El Fahd Kamal Saad Co senilai 5 juta dolar AS. Perusahaan BUMN itu juga meneken kontrak dengan Haggag Import & Export Co meneken untuk komoditas kopi senilai 1,17 juta dolar AS.

Sebelumnya, KBRI Mesir memfasilitasi penandatanganan enam MoU ekspor komoditas antara pengusaha Indonesia dan Mesir senilai 67,5 juta dolar. Sehingga sepanjang pelaksanaan TEI 2018 ini, KBRI Mesir berhasil memfasilitasi kontrak dagang RI-Mesir dengan nilai total 76.480.300 dolar AS.

TEI 2018 digelar selama lima hari, 24-28 Oktober 2018. Pameran yang diresmikan Presiden Jokowi diikuti 1.100 eksibitor. Sedikitnya, lebih dari 300 produk dan jasa dipamerkan di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, Tangerang. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah menutup TEI pada Minggu (28/10) kemarin. (ian/*)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top