Ratna Sarumpaet Bantah Berniat Kabur

publicanews - berita politik & hukumRatna Sarumpaet saat diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Kamis (4/10) malam. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ratna Sarumpaet diamankan di Bandara Soekarno-Hatta. Ia mengaku tidak berniat kabur di tengah kebohongannya soal penganiayaan.

"Hahaha... Enggak itu, saya gak kabur," ujar Ratna saat dikonfirmasi oleh wartawan, Kamis (4/10).

Ratna mengatakan akan terbang ke Cile untuk menghadiri acara konferensi penulis naskah teater internasional dan ia menjadi pembicara dalam acara tersebut.

"Saya akan membuka, memberikan keynote atau pidato kebudayaan dalam sebuah konferensi penulis naskah teater internasional," Ratna menjelaskan.

Ratna mengaku akan kembali ke Indonesia dari Cile pada enam hari mendatang. "Rencananya saya hanya membuka. Tanggal 10 saya sudah balik," Ratna menegaskan.

Biaya ke Cile, ia menambahkan, berasal dari Pemprov DKI Jakarta karena ia menjadi perwakilannya untuk menghadiri acara tersebut.

"Saya ini dikirim oleh Dinas Pariwisata DKI. Jadi yang mendanai semuanya gubernur, kantor gubernur," ujar Ratna.

Ratna mengaku sebagai penasihat senior dalam konferensi itu dan diundang khusus untuk membuka konferensi itu.

"Jadi kenapa DKI merasa berkepentingan mengirim Ratna, ya karena tahun 2007 konferensi yang sama pernah digelar oleh DKI Jakarta, di Indonesia, saat itu hadir Nawal El Saadawi. Waktu itu gubernurnya masih Sutiyoso. Jadi itu alasan kuat kenapa DKI perlu membiayai saya atas undangan Cile," Ratna menjelaskan.

Sementara itu Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka. Ratna sebelumnya dilaporkan ke polisi karena hoaks penganiayaan.

"Ya, sudah kita amankan nih, lagi di bandara, nih. Statusnya kemarin panggil saksi. Tapi, karena dia mau melarikan diri, ya kita naikkan jadi tersangka," ujar Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian saat dimintai konfirmasi oleh wartawan. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(3)

Login
  1. Iis_osya @iis_osya05 Oktober 2018 | 09:36:07

    Kesempatan dalam kesempitan niye ?
    Sepandai pandai nya tupai melompat, akhirnya akan jatuh juga ...


    Kl lg ada masalah ya jangan kmn2x dl lah. Jaga kesehatan aja ya bu ratna.

  2. Anak Gaul @gakasikah05 Oktober 2018 | 09:27:39

    Tangkapppppp.....

  3. Cewek Kepo @ceweKepo05 Oktober 2018 | 07:48:02

    Nah kan bu....

Back to Top