Sandi Pilih Debat Berbahasa Indonesia, Biar Banyak yang Ngerti

publicanews - berita politik & hukumSandiaga Uno. (Foto: voice)
PUBLICANEWS, Jakarta - Berbeda dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno memilih menggunakan bahasa Indonesia dalam debat Pilpres 2019. Ia mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia sudah pasti akan dimengerti oleh masyarakat Indonesia.

"Ini pendapat pribadi saya, bahwa bahasa kita adalah bahasa Indonesia. Bahasa yang dimengerti 100 persen oleh orang Indonesia," kata Sandi di Blok M, Jakarta, Jumat (14/9).

Ia menegaskan tidak perlu menggunakan bahasa Inggris. "Bahasa Inggris ya ada yang mengerti, tapi kita kan ingin menjangkau seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Ditantang Debat Bahasa Inggris, Koalisi Jokowi Pilih Ikuti KPU

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu malah menyarankan, meski bertajuk debat, sebaiknya format diubah menjadi sarasehan atau forum sumbang saran sehingga bisa membawa semangat persaudaraan.

"Di sebelah sana ada presiden yang kita hormati banget. Ada Pak kiai guru saya (Ma'ruf Amin), mana bisa kita ngedebat. Kita kan harusnya sumbang saran. Karena rakyat yang akan menyaksikan," Sandi menambahkan.

Wacana debat Pilpres menggunakan bahasa Inggris itu menimbulkan saling balas pantun diantara kedua kubu. Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin kemudian melontarkan usulan debat menggunakan bahasa Arab ditambah membaca Alquran. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top