Tak Ingin Jadi Beban Jokowi, Asman Abnur Minta Izin Mundur

publicanews - berita politik & hukumMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi Asman Abnur. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi Asman Abnur telah menyampaikan keinginannya untuk mundur. Pukul 09.30 WIB tadi ia menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantornya.

Langkah tersebut ia ambil lantaran posisinya serba tidak enak. Partai Amanat Nasional (PAN) tempat ia bernaung mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Sementara ia duduk di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

"Tadi pagi saya ketemu Pak Pratik (Pratikno), ingin menyampaikan posisi saya yang serba sulit, serba enggak enak. Di satu sisi saya menteri Kabinet Kerja, di satu sisi partai tidak mendukung," ujar Asman kepada media, Selasa (14/8).

Belum lagi tuntutan dari koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres yang juga mendesaknya mundur. Menurutnya, situasinya tidak bagus meskipun ia mencoba bertindak profesional.

"Tentu saya harus berpikir jangan sampai saya jadi beban pemerintah, beban Pak Presiden. Kalau diperkenankan, saya mohon kalau bisa diizinkan untuk mundur," katanya.

Namun Asman belum menyampaikan surat pengunduran dirinya. Ia juga menunggu kesempatan bertemu Jokowi yang saat ini masih di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meninjau penanganan pasca gempa bumi.

Reshuffle Untuk Penguatan Kabinet, Inilah Wajah Baru Mereka

Asman juga belum melaporkan rencana mundurnya ini kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Ia mengambil inisiatif menemui Pratikno karena merasa tidak enak hati.

Setelah mundur nanti, Asman akan fokus menghadapi Pemilu Legislatif 2019. Ia telah terdaftar di Dapil Kepulauan Riau lewat PAN untuk kursi DPR periode 2019-20124.

Pagi tadi, Pratikno juga menyampaikan keterangan bahwa Presiden Jokowi pasti akan melakukan reshuffle, yakni mengganti Menpan RB. Keputusan resminya menunggu Jokowi pulang dari NTB.

"Kemungkinan (Menteri PANRB), kaitannya dengan koalisi saja. Enggak, enggak (yang lain). Ha.. Ha.. Menteri dari PAN akan di-reshuffle," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Asman Abnur dilantik menjadi Menpan RB pada 27 Juli 2016 dalam Reshuffle Jilid II, ia menggantikan politisi Partai Hanura Yuddy Chrisnandi. Mantan Wakil Walikota Batam (2001-2004) dan Ketua Komisi IX DPR itu masuk kabinet setelah PAN menyatakan bergabung dengan Koalisi Pemerintahan. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top