Seknas Jokowi Tuntut Menpan Mundur dari Kabinet

publicanews - berita politik & hukumMenteri PAN-RB Asman Abnur. (Foto: Menpan.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersoalkan posisi Menteri PAN-RB Asman Abnur yang duduk di kabinet menyusul sikap partainya yang mengusung Pabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

Ketua Umum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin, meminta Partai Amanat Nasional (PAN) menarik menterinya dari Kabinet Kerja Joko Widodo. "PAN menarik Asman Abnur atau yang bersangkutan mundur," kata Yamin, Jumat (10/8).

Idealnya, menurut Yamin, Menteri Asman sudah mundur sejak lama karena sikap PAN yang selalu berpihak sebagai oposisi.

Yamin juga menekankan agar PAN tidak mengambil keuntungan ketika Jokowi tidak melakukan pergantian menteri.

"Sikap baik dan santun Presiden Jokowi yang tidak melakukan reshuffle jangan dijadikan keuntungan politik oleh PAN," ia mengingatkan.

Terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais menyatakan partainya rela melepaskan jabatan menteri yang kini disandang kader berlambang matahari terbit itu.

"Kalau menteri yang bersangkutan punya pertimbangan lain mau mundur, ya silakan saja," ujar putra Amien Rais itu di Gedung KPU, Jumat siang.

Hanafi menambahkan, partainya telah mewakafkan posisi tersebut. "Namanya sudah wakaf untuk bangsa, ya kita tak intervensi," katanya.

Hanafi menambahkan, keputusan mundur atau tidaknya Asman Abnur mutlak menjadi kewenangan Presiden Joko Widodo sebagai pemilik hak prerogatif. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top