Buntut Ucapan 'Goblok,' OSO Disomasi MK

publicanews - berita politik & hukumKetua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) melayangkan somasi kepada Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO). Ucapan OSO pada cara talkshow sebuah TV swasta nasional dinilai sebagai penghinaan.

"Perbuatan Pak Oesman Sapta Odang dapat dikategorikan sebagai perbuatan penghinaan, merendahkan kehormatan, harkat, martabat, serta kewibawaan Mahkamah Konstitusi, dan para Hakim Konstitusi," ujar Sekretaris Jenderal MK Guntur Hamzah dalam rilisnya, Selasa (31/7).

Keputusan mengirim somasi setelah kesembilan hakim mendengarkan isi rekaman talk show tersebut. Menurut MK, pernyataan OSO merendahkan kehormatan, harkat dan martabat hakim konstitusi.

"MK telah menyampaikan somasi kepada yang bersangkutan pada hari ini, Selasa 31 Juli 2018," katanya.

MK, kata Guntur, senantiasa bersikap independen dan imparsial dengan tidak mendasarkan putusan-putusannya berdasarkan pertimbangan politik, melainkan selalu berdasarkan pada konstitusi dan hukum

Dalam acara yang disiarkan langsung sebuah TV swasta nasional itu, Ketua Umum Partai Hanura itu mengaitkan larangan politikus nyaleg DPD dan keputusan KPU.

"MK itu goblok, karena tidak menghargai kebijakan yang telah diputuskan oleh, oleh siapa? Oleh KPU. Jadi itu porsinya KPU bukan porsinya MK," kata OSO dalam acara di TV pada Kamis (26/7) itu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top