Jubir Wapres Sentil Rizal Mallarangeng Bangun Opini Sesat

publicanews - berita politik & hukumWakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Jubir Wapres Husain Abdullah menegaskan posisi Jusuf Kalla (JK) dalam kasus uji materi Pasal 169 huruf n UU Pemilu bukan sebagai penggugat. Ia menyentil Koordinator Nasional Relawan Gojo Rizal Mallarangeng untuk tidak membangun opini sesat.

"Rizal Mallarangeng, jangan sengaja membangun opini sesat atau apakah memang tidak tahu? Karena posisi Pak JK bukanlah sebagai penggugat, tapi pihak terkait," kata Husain dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/7).

Ia menjelaskan Perindo sebagai penggugat merasa hak konstitusionalnya dirugikan. Sementara JK merupakan obyek yang dipersengketakan. "Itu dua hal berbeda kedudukan hukumnya," ujarnya.

Kesediaan JK sebagai pihak terkait justru dapat membantu MK dalam mencari kepastian hukum atas gugatan pemohon. "Di situlah kenegarawanan JK yang diabdikan untuk mencari kepastian hukum tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden." ia menambahkan.

Sebelumnya, Rizal mengatakan tindakan Jusuf Kalla yang mengajukan diri sebagai pihak terkait atas permohonan uji materi tentang masa jabatan wapres dikhawatirkan akan menimbulkan instabilitas konstitusi di kemudian hari.

Direktur Eksekutif Freedom Institute itu meminta ketentuan dalam undang-undang Pemilu tidak diutak-atik karena polemik masa jabatan Presiden ataupun Wakil Presiden dilakukan dalam ranah parlemen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top