Survei Politik

Mengejutkan, Survei LIPI: Prabowo Paling Diharap Dampingi Jokowi

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo bertemu Prabowo Subianto di Teras Istana Merdeka, Jakarta, 17 November 2016). (Foto: Setkab)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi untuk menjabat wakil presiden mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Prabowo mengalahkan 10 nama yang konon telah dikantungi Jokowi.

Berdasar survei LIPI terhadap 2.100 responden, nama Prabowo dipilih sebanyak 12,7 persen. "Prabowo menempati urutan teratas sebagai cawapres Jokowi," kata Peneliti LIPI Wawan Ichwanudin di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Pasangan Jokowi-Prabowo mungkin dianggap mustahil, namun fakta hasil survei tak bisa terbantahkan. Menurut Wawan, nama teratas dari survei dengan metode terbuka, hasilnya merujuk pada mantan Pangkostrad itu.

"Kami melakukan pertanyaan terbuka untuk pilihan cawapres. Setiap responden tidak kami berikan pilihan nama. Jadi mereka menyebutkan sendiri nama cawapres,” Wawan menjelaskan.

Selain Prabowo, pendamping lain yang dipilih responden secara berurutan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 11 persen, disusul mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo 10 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 8,1 persen.

Wawan mengatakan, nama-nama yang dikabarkan sudah dikantung Jokowi kalah bersaing. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, misalnya, hanya mendapat 3,3 persen. Namun, ada 23,1 persen responden yang tidak menjawab soal pilihan cawapres bagi Jokowi tersebut.

Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan survei pada 19 April hingga 5 Mei 2018 terhadap 2.100 responden yang sudah memiliki hak pilih sesuai UU Pemilu.

Margin of error sebesar 2,14 persen, dengan metodologi multistage random sampling dan sebaran responden laki-laki dan perempuan merata. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. shes one the @siswandi19 Juli 2018 | 17:54:54

    Kl prabowo menjadi cawapres dg pak presiden jokowi, kenapa tidak, demi kemakmuran bangsa.

    Indonesia akan damai dan sejahtera.

Back to Top