Pemilu 2019

KPK Imbau Bakal Calon DPD Segera Laporkan Kekayaannya

publicanews - berita politik & hukumDirektur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengimbau para bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) segera melaporkan harta kekayaannya. Hal ini mengingat LHKPN menjadi salah satu syarat yang ditetapkan oleh Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK Cahya Hardianto Harefa mengatakan, berdasarkan laporan KPU ada 922 bakal calon yang telah terdaftar.

Namun baru ada 478 orang yang melaporkan LHKPN-nya. Dari 478 nama tersebut bar sekitar 168 data calon yang telah dinyatakan lengkap dan dikeluarkan tanda terimanya. Mereka ini bisa menggunakannya untuk mendaftar di KPU.

Kemudian, ada 184 username dan password yang telah dikirimkan untuk mengaktivasi e-LHKPN. Sisa 126 calon lainnya masih dalam proses di KPK karena ada beberapa data yang belum dinyatakan lengkap.

"Tolong dilengkapi, jangan sampai nanti baru sadarnya di akhir-akhir, terus mepet," ujar Cahaya di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/7).

Meskipun KPU memberikan kelonggaran waktu untuk melengkapi syarat-syarat tersebut sampai 21 Juli 2018, namun pendaftaran di KPK hanya berlangsung hingga 19 Juli 2018.

Untuk memfasilitasi pendaftaran LHKPN, KPK membuka lima loket khusus. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top