Jokowi Sosok Sederhana, Cawapres Juga Harus Sama

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo berswafoto dalam kunjungan ke daerah. (Foto: Seskab.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Joko Widodo memiliki karakter yang berbeda dengan figur pemimpin lainnya. Pembawaannya yang sederhana, menyulitkan siapa pun yang bakal menjadi cawapresnya pada Pilpres 2019.

"Pak Jokowi ini kan orangnya tidak suka bermewah-mewahan, jadi beliau akan cari pendampingnya juga yang idealnya sosok sederhana," kata anggota Fraksi PDIP di DPR Imam Suroso, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (17/4).

Menurutnya, ada beberapa nama masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Sebut saja Mahfud MD, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar. Namun terpulang kepada Jokowi untuk memilih para kandidat wakilnya tersebut.

Figur Jokowi, Imam menambahkan, terbilang istimewa sebagai kepala negara. Jokowi sangat dekat dengan rakyat, misalnya mau meladeni swafoto saat kunjungan ke daerah. "Pak Jokowi tak segan diminta selfie oleh rakyat," ujarnya.

Kemarin, lembaga riset Media Survei Nasional (Median) merilis tokoh yang didukung konstituennya jika berpasangan dengan Jokowi. Mereka adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang mendapat sokongan penuh alias 100 persen dari pengikutnya. Kemudian Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (66,7 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan dukungan 52,8 persen.

Ada pun tokoh yang tidak didukung konstituennya mendampingi Jokowi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Presiden PKS Anis Matta. Menurut Direktur Riset Median Sudarto, sebanyak 66,7 persen pengikutnya tidak setuju mereka menjadi cawapres Jokowi.

"Gatot Nurmantyo tidak didukung 49 persen dan Anies Baswedan sebesar 45 persen," Sudarto menjelaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top