Indonesia Negara Besar, Jokowi: Jangan Mencari-cari Bantuan

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko WIdodo memberikan sambutan dalam rapat kerja Keppri di Gedung Pancasila, Kemenlu, Jakarta, Senin (12/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia merupakan anggota G-20 dan berkategori negara besar. Ia mengingatkan para menterinya untuk tidak mencari-cari bantuan kepada negara lain.

"Jangan lagi merasa inferior, kita ini anggota G-20. Saya sampaikan kepada para menteri jangan mencari-cari bantuan, tapi harus membantu,” ujar Presiden dalam sambutan rapat kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Keppri) di Gedung Pancasila, Kemenlu, Jakarta, Senin (12/2)

Jokowi meminta kepada seluruh kepala perwakilan Indonesia di luar negeri untuk tidak lagi menganggap bahwa Indonesia adalah negara kecil yang masih membutuhkan bantuan dari luar negeri.

Menjadi diplomat di zama sekarang, katanya, tidaklah mudah. Tugas diplomat makin tidak mudah karena banyaknya ketidakpastian yang terjadi di dunia.

"Konflik dan perang banyak terjadi di dunia. Krisis kemanusiaan dan pengungsian juga terus terjadi. Kejahatan lintas negara dan terorisme mengancam semua negara, bukan hanya Indonesia," Jokowi menjelaskan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan perlunya diplomasi yang mengutamakan kepentingan masyarakat Indonesia. Yakni, diplomasi yang cepat, responsif, dan tanggap.

"Bukan lagi diplomasi yang membuang uang, tetapi yang menghasilkan uang. Diplomasi yang berpihak pada kepentingan masyarakat," ia menegaskan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top