Reklamasi Teluk Jakarta

Penyidik Polda Periksa Menteri Agraria Sofyan Djalil

publicanews - berita politik & hukumSurat panggilan pemeriksaan Menteri Agraria dan TR Sofyan Djalil. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memanggil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. Ia menjadi saksi kasus dugaan korupsi proyek Reklamasi Teluk Jakarta.

Berdasarkan surat panggilan yang beredar di kalangan wartawan, Sofyan dijadwalkan pada Senin (29/1) pukul 10.00 WIB. Namun berdasarkan pantauan Publicanews, hingga siang ini politisi Partai Golkar itu belum terlihat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pemeriksaan Sofyan tidak dilakukan di Ditreskrimsus, tapi di kantornya, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan.

"Diperiksa di kantornya," kata Argo Yuwono ketika dikonfirmasi oleh wartawan, Senin (29/1).

Dalam surat pemanggilan tersebut, Sofyan akan dimintai keterangan soal Undang-undang Nomor 27 tahun 2017 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Polisi ingin melihat kemungkinan adanya dugaan pelanggaran aturan tersebut dalam proyek reklamasi.

Polisi telah melakukan penyelidikan reklamasi ini sejak September 2017, dengan dasar adanya polemik di masyarakat soal reklamasi.

Dalam penyelidikan itu polisi menduga ada pelanggaran ketika penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) Pulau C dan D. Diduga, penetapan NJOP tidak wajar. NJOP di pulau reklamasi C dan D diketahui hanya Rp 3,1 juta per meter persegi.

Penyidik telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Edy Junaedi serta Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta Benni Agus Candra. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top