Menhan Beberkan Rencana ISIS Bikin Negara Islam Nusantara

publicanews - berita politik & hukumMenhan Ryamizard bersama para delegasi 'Our Eyes' di Nusa Bali, Kamis (25/1) pagi. (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Nusa Dua - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta kewaspaadan negara anggota ASEAN terhadap rencana ISIS membentuk Negara Islam Nusantara.

Ryamizard menyampiakan hal itu dalam soft launching 'Our Eyes' di Nusa Dua, Bali, Kamis (25/1).

"Kelompok ini terus berencana untuk membangun Daulah Islamiyyah Katibah Nusantara," kata mantan KSAD itu.

Kelompok yang ia maksud adalah divisi Islamic State Asia Timur yang merupakan penggabungan antara Islamic State Phillipines, Islamic State Malaysia, dan Islamic State Indonesia.

"Kendali (dilakukan) ISIS Pusat dipimpin oleh Abu Bakr Al-Baghdadi yang berbasis di Syria dan Irak," ujar Ryamizard dalam sambutannya.

Menurut Ryamizard, kelompok itu mengincar etnis Rohingnya di Rakhine State, Myanmar. Untuk itu, ia menyerukan agar dilakukan penanganan serius dalam mengatasi persoalan di Rohingnya.

"Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, para pengungsi yang rapuh ini dapat direkrut oleh kelompok ISIS untuk memperkuat jaringannya," ia mengingatkan.

Kerja sama regionel yang konkret bidang pertukaran informasi strategis dengan nama 'Our Eyes' ini digagas Pemerintah Indonesia untuk menghadapi ancaman terorisme dan radikalisme.

Kesepakatan kerja sama ditandatangani enam Menhan, yakni dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top