Tjahjo Minta Aparat Usut Aktor Dibalik Penyerangan Kantor Kemendagri

publicanews - berita politik & hukumKondisi salah satu ruang Kantor Kemendagri yang hancur akibat diserbu massa pendemo. (Foto: Kemendagri)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas aktor di balik kericuhan di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (11/10) sore. Ia menduga aktornya terkait Pilkada.

“Apa pun, siapa pun, harus kita lawan. Harus terungkap siapa di belakang mereka aktornya," kata Tjahjo dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (12/10).

Menurutnya, aparat jangan segan menangkap mereka yang membuat rusuh. "Saya minta Polres Jakarta Pusat kalau (pendemo) masih nekat. Karena Kemendagri ring satu Istana, harus diamankan,” ujarnya.

Polisi Amankan 15 Orang Pemicu Keributan di Kemendagri

Ia menyesalkan tindakan penyerangan dan pengerusakan yang diduga dilakukan salah satu pendukung yang kalah dalam Pilkada Tolikara, Papua, 2017. Tjahjo mengaku Kemendagri sudah dua kali menerima para pendukung yang kalah di kantornya.

"Intinya mereka suruhan calon yang kalah pilkada dan sudah ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK),” politisi PDIP itu menambahkan.

Aksi penyerangan disertai pengerusakan kantor Kemendagri diduga dilakukan belasan pendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Tolikara, Jhon Tabo dan Barnabas Weya.

Mereka tidak terima dengan putusan MK yang memenangkan pasangan Usman G Wanimbo dan Dinus Wanimbo. Massa kemudian mendatangi Kemendagri untuk membatalkan putusan MK dan melantik calon kepala daerah yang kalah. (m-02).

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top