Basarah: Taufik Kiemas, Pancasilais yang Jadi Saudara Sebangsa

publicanews - berita politik & hukumRumah Produksi Film Max Pictures dan para sahabat Almarhum Taufik Kiemas memberikan doa di makam Taufik Kiemas, Rabu (11/10) (foto: publicanews/putra)
PUBLICANEWS, Jakarta – Kisah tokoh Taufik Kiemas akan diangkat ke layar lebar oleh Rumah Produksi Film Max Pictures. Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah menganggap film ini sangat baik untuk mengangkat pesan moral dari perjuangan suami Megawati Soekarnoputri itu semasa hidup.

“Ini akan dijadikan referensi bagi para tokoh politik bagaimana menyatukan semua tanpa harus terbebani atau terhalangi oleh sekat suku, agama, etnis, dan lain-lain,” kata Basarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

Menurut Basarah, semasa hidupnya Taufik memberitahu kepada kita bahwa dengan menjadi seorang Pancasilais hendaknya dapat menjadi saudara sebangsa.

“Semangat itu saat ini perlu ada bagi perjalanan bangsa Indonesia selanjutnya, terutama menghadapi Pilkada 2018 dan Pilpres 2019,” ujarnya

Taufik Kiemas, Basarah menambahkan, adalah tokoh negarawan yang humanis, yang berpolitik dengan santun, dan mengajarkan bagaimana politik dengan kemanusiaan itu bisa menyelesaikan banyak hal.

Penulis skenario Alim Sudio mengatakan, film Taufik kiemas ini akan mengangkat fase kehidupan mantan Ketua MPR itu waktu remaja sampai kemudian menikah dengan Megawati. “Karena fase itu sebenarnya adalah inti dari bagaimana beliu menjadi tokoh nasional,” Alim menjelaskan.

Alim menambahkan, film ini bukan film politik, tapi film tentang personal kehidupan Taufik Kiemas. "Walaupun ada politiknya, tapi itu akan dijadikan sebagai backgroud saja. Kita harapkan orang yang nonton itu kenal lebih dekat Pak taufik,” katanya.

Rumah Produksi Film Max Pictures mengunjungi makam Taufik Kiemas sebelum pembuatan filmnya. Hadir dalam acara ini Ketum Seknas Jokowi, M. Yamin, Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai, sahabat Taufik kiemas, Marwah M Diah, Basarah, dan anggota DPR Abidin Fikri. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(3)

Login
  1. Muhardi Karijanto @hardidja11 Oktober 2017 | 23:00:15

    Sebagai tokoh nasionalis yg pernah menjabat sebagai Ketua MPR & pencetus ide sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan demi memperkokoh persatuan & kesatuan bangsa memang sudah sewajarnya kehidupan beliau diabadikan dlm sebuah film agar semakin banyak anak bangsa yg mengenal perjuangan beliau sejak mahasiswa sampai menjadi pendamping Presiden Megawati serta mencapai Puncak kariernya sbg Ketua MPR.
    semoga arwah beliau husnul khatimah

  2. WE_A @WandiAli11 Oktober 2017 | 21:30:48

    Ibarat pepatah mengatakan ... Tak kenal maka tak sayang, ... Begitulah kiranya dr pembuatan film beliau ... Bang taufik kiemas.

  3. Arif K Wibisono @arifkwibisono11 Oktober 2017 | 14:31:15

    Lanjutkan semangat kebangsaan beliau....

Back to Top