Tonton Film G30S/PKI, Panglima TNI: Perintah Saya, Mau Apa?

publicanews - berita politik & hukumPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (Foto: VOA Indonesia)
PUBLICANEWS, Jakarta - Meski tengah menjadi polemik, kegiatan nonton bareng pemutaran film Penghianatan G30S/PKI di lingkungan TNI tetap jalan. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan ia yang memerintahkan.

"Iya, itu memang perintah saya, mau apa? Yang bisa melarang saya hanya pemerintah," kata Jenderal Gatot usai ziarah di Makam Bung Karno (MBK), Bendogerit, Blitar, Jawa Barat, Senin (18/9).

Ketika ditanyakan bahwa materi film itu masih menjadi polemik, Gatot mengatakan menonton film tersebut merupakan upaya meluruskan sejarah.

"Biarin aja, saya nggak mau berpolemik. Ini juga upaya meluruskan sejarah. Saya hanya ingin menunjukkan fakta yang terjadi saat itu. Karena anak-anak saya, prajurit saya, masih banyak yang tidak tahu," ia menjelaskan.

Banyak Adegan Sadis, KPAI Imbau Tidak Tonton Film G30S PKI

Gatot menyatakan penayangan film tersebut dilingkup internal TNI juga sepengetahuan Mendagri. Menurut Gatot, Mendagri telah mengizinkannya untuk memerintahkan seluruh anggota TNI menonton film garapan Sutradara Arifin C Noer dan diproduksi di era Orde Baru tersebut.

Imbauan untuk tidak menonton film tentang tragedi pembunuhan para jenderal TNI pada 1965 itu datang dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) hingga anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto. KPAI berlasan karena banyak adegan sadis dalam film tersebut. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top