KPK: Dana Parpol Naik, Parpol Harus Akuntabel

publicanews - berita politik & hukumJubir KPK Febri Diansyah. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung peningkatan dana partai politik. Namun dengan catatan pengelolaan dana tersebut harus akuntabel.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, lembaga antirasuah telah melakukan kajian dan menyimpulkan bahwa dana yang dimiliki parpol tidak cukup untuk membiayai kegiatan mereka.

Menurut Febri, KPK sudah mengirim surat ke Presiden Joko Widodo, terutama berkaitan dengan akuntabilitas penggunaan dana tersebut. KPK juga berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri serta Kementerian Keuangan.

Mendagri: Dana Parpol Bukan Jaminan Kader Tidak Korupsi

"KPK merekomendasikan kenaikan dana partai politik dengan (harus) disertai aspek akuntabilitas," kata Febri di kantornya, Selasa (29/8).

Febri menambahkan, kenaikan dana parpol harus diatur dalam revisi peraturan pemerintah. Kenaikan tersebut harus digunakan untuk penguatan dan perbaikan parpol, terutama terkait kode etik dan rekrutmen.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, ada kenaikan dana parpol dari Rp 108 menjadi Rp 1000 per suara sah. Namun, ia tidak yakin kenaikan tersebut bakal menjamin tidak ada lagi kader parpol yang korupsi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top