Berpose 'Provokatif' di Depan Masjid, Wanita Pelari Membuat Marah Warga Rusia

publicanews - berita politik & hukumSejumlah wanita pelari berpose 'provokatif' di depan masjid di Kota Kazan, Rusia, sebelum mengikuti ajang maraton. (Foto: News Flash)
PUBLICANEWS, Kazan - Sekelompok wanita pelari menimbulkan kemarahan warga Kota Kazan, Rusia, karena tampil 'provokatif' di depan Masjid Kul-Sharif. Berpakaian ketat, mereka meliuk-liukan badan melakukan peregangan sebelum lari maraton.

Sekadar diketahui, Kazan adalah kota di Negara Bagian Tatarstan dengan mayoritas penduduk muslim.

Wakil Mufti Tatarsan, Rafik Mukhametshin, mengatakan kepada PDM News, situs berita lokal, bahwa tampilan provokatif para wanita itu menyinggung kesopanan warga.

"Itu tidak bisa diterima," katanya, seperti dikutip The Sun, Selasa (4/5) malam.

Rafik mempertanyakan mengapa mereka memilih latar masjid untuk pamer saat pemanasan sebelum mengikuti maraton. Ia menduga para atlet amatir dan perekam videonya sengaja memprovokasi.

"Kami tidak mendukung perilaku seperti itu," ujarnya.

Ekaterina, wanita perekam video tersebut, mengaku tidak memilih secara spesifik latar belakang masjid. Hanya kebetulan.

"Kami tidak punya niat jahat apa pun, dan tidak ingin menyinggung siapa pun," katanya kepada Life.

Menurut PDM News, warga kota marah karena video tersebut dipublikasikan saat Ramadan, ketika umat muslim melakukan pembersihan spiritual. Tidak ada informasi apakah para wanita 'tak sopan' itu akan mendapat sanksi hukum.

Kejadian tersebut mengingatkan seorang blogger berusia 20 tahun pada 2008 silam yang menari di depan masjid yang sama. Warga saat itu marah karena 'merasa dihina perasaan keagamaannya'.

Rafik Mukhametshin menegaskan banyak orang menyepelekan rasa keimanan orang lain, menganggapnya sebagai persoalan sekunder. "Tentu saja hal seperti itu tidak boleh terjadi," katanya. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top