Ratu Kecantikan Myanmar Menangis, Tolong Selamatkan Kami

publicanews - berita politik & hukumRatu Kecantikan Myanmar Han Lay menangis pada final Miss Grand International 2020 di Bangkok, Thailand, Sabtu (27/3) lalu. (Foto: thaipbs.com)
PUBLICANEWS, Bangkok - Ratu Kecantikan Myanmar Thaw Nandar Aung alias Han Lay (22) menangis di atas panggung final Miss Grand International 2020 di Bangkok, Thailand, Sabtu (27/3).

Alih-alih meminta dukungan untuk menang, mahasiswi Universitas Yangon itu berbicara tentang negaranya yang kini di bawah junta militer. Han Lay mengajak dunia mengakhiri kebrutalan junta terhadap masyarakat sipil.

"Hari ini di negara saya, Myanmar, ada begitu banyak nyawa melayang. Lebih dari 100 orang meninggal. Saya sangat sedih untuk mereka semua," katanya, dalam video yang dibagikan laman thaipbs.com, Senin (29/3).

Ia berhenti sesaat untuk mengusap air mata. "Saya ingin mengatakan di sini, tolong bantu Myanmar. Kami membutuhkan dukungan internasional," ujarnya.

Mahasiswi studi ekonomi itu kemudian meminta izin untuk menyanyikan lagu terkenal Michael Jackson berjudul Heal the World. Suaranya terbata-bata. Namun mendadak hadirin berdiri dan ikut bernyanyi tentang cinta untuk menyembuhkan dunia yang terkoyak itu.

Laman independen Myanmar, The Irrawaddy, melaporkan setidaknya 23 orang meninggal dalam aksi sepanjang Minggu kemarin. Polisi menembak mahasiswa yang tengah melakukan prosesi pemakaman rekannya di Kota Phaya-Gyi, Wilayah Bago.

Han Lay lewat akun Instagram @hann_may menulis, banyak mahasiswa ditahan atau meninggal selama kudeta militer. Padahal penting orang bersuara dalam demokrasi.

"Suara kami harus didengar," ujarnya. "Tapi sekarang kami di Myanmar tidak memiliki kebebasan lagi," model dan penggemar basket itu menambahkan.

Han Lay tidak menang dalam kontes Miss Grand International di Bangkok. Tapi ia memenangkan simpati peserta ajang kecantikan itu. Rekan-rekannya, termasuk Aurra Kharishma dari Indonesia yang menyabet runner-up 3, turut menyerukan perdamaian lewat lagu Heal the World (Menyembuhkan Dunia).

"Aku memohon, tolong dukung Myanmar," kata Han Lay, sekali lagi, pada akhir acara. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top