Amerika Serikat

DPR Setuju Donald Trump Dimakzulkan

publicanews - berita politik & hukumAksi menuntut pemakzulan Presiden AS Donald Trump. (Foto: independent)
PUBLICANEWS, Jakarta - DPR Amerika Serikat menyetujui upaya pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sebanyak 232 suara, di mana 10 suara diantaranya, dari Partai Republik menyatakan setuju Trump dilengserkan meski masa jabatannya tinggal sepekan.

Dikutip dari ABC, Kamis (14/1), ini merupakan pemakzulan kedua bagi Trump. Pemakzulan pertama yang gagal terkait kasus Trump yang dituding mendesak Ukraina menyelidik penyalahgunaan kekuasaan Joe Biden saat menjabat Wakil Presiden AS.

Sedangkan dalam pemakzulan kedua ini diperkirakan akan terbentur oleh masa jabatan Trump yang akan berakhir pada 20 Januari, sebelum pelantikan Joe Biden.

Pemimpin mayoritas Senat dari Partai Republik Mitch McConnell menyarankan agar fokus pada persiapan pelantikan Joe Biden. Upaya pemakzulan dipandang akan makin membelah masyarakat Amerika yang terpecah.

Jika pemakzulan berhasil akan menutup peluang Trump mencalonkan diri lagi sebagai presiden AS. Ia juga bakal kehilangan tunjangan pensiun sebagai presiden sebesar Rp 14 miliar setahun. Namun, ia tetap mendapat pengawalan karena kepala negara dinilai menyimpan rahasia negara. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top