Raja Malaysia Tolak Darurat Nasional Covid-19

publicanews - berita politik & hukumPintu gerbang Istana Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin di Jalan Duta, Kuala Limpur, Malaysia. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Kuala Lumpur - Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Mustafa Billah Shah telah mengumumkan hasil pertemuan dengan para raja yang digelar Minggu kemarin. Mereka menolak keadaan darurat untuk mengatasi Covid-19 yang diusulkan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

"Raja yakin pemerintah telah menangani pandemi dengan baik dan mampu terus mengelola krisis di bawah Muhyiddin," kata istana dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman Bangkok Post, Senin (26/10).

Meski menolak, para sultan memuji penanganan wabah Covid-19. Perhimpunan raja yang menjadi penguasa di negara bagian tersebut mendesak anggota parlemen menghentikan kegaduhan politik karena bisa mengancam stabilitas negara.

Pengajuan proposal keadaan darurat itu menjelang rapat paripurna parlemen mengenai APBN Malaysia 2021 pada 6 November mendatang.

Kubu Muhyidin dari Koalisi Perikatan Nasional (PN) khawatir akan kalah di parlemen karena hanya unggul tipis. Sebanyak 113 dari 222 anggota PN di Majelis Rendah mengindikasikan bakal membelot ke kubu oposisi. Bulan lalu UMNO yang merupakan pendukung utama PN sempat mengancam angkat kaki.

Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim dalam beberapa pernyataannya mengatakan telah mendapat dukungan yang lebih besar dari koalisi pendukung Muhyidin.

Anwar menilai pemerintahan Muhyiddin mengarah kepada kediktatoran dan otorianisme. Ia menyatakan siap membentuk pemerintahan baru dengan kaim dukungan mayoritas parlemen.

Muhyiddin menjabat PM sejak Maret lalu. Semula ia berharap Raja menyetujui penerapan keadaan darurat. Bila disetujui, maka rapat paripurna APBN tidak akan berlangsung. Ancaman pemilu dipercepat bisa ia hambat.

Namun, penolakan raja membuat suasana politik di negeri jiran itu akan kian memanas dalam hitungan hari-hari ke depan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top