Mesir

Mahasiswi Indonesia Raih Summa Cum Laude di Al Azhar

publicanews - berita politik & hukumWirdah Fachiroh Fachri (kedua dari kiri) bersama dewan penguji dari Universitas Al Azhar Putri, Kairo, Mesir, pada Sabtu (3/10). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Kairo - Untuk pertama kali setelah 23 tahun, mahasiswi Indonesia di Universitas Al Azhar, Mesir, lulus dengan banyak pujian atau summa cum laude. Kemarin, Wirdah Fachiroh Fachri berhasil mempertahankan disertasi doktornya dengan judul Attawjihat Annahwiyyah Fi Kitab Al-Mudhoh Libni Abi Maryam Jam'an Wadiraasah (Penyusunan dan Pengkajian Pedoman Gramatikal Bahasa Arab dalam Ilmu Qiraat pada Kitab Al-Mudhah Karya Ibnu Abi Maryam).

Sidang berlangsung pada Sabtu (3/10) di Auditorium Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Al Azhar Putri, Kairo. Hasil ujian langsung diumumkan Dewan Penguji seusai sidang.

Dewan penguji yaitu Prof. Dr. Suheir Muhammad Khalifah (Promotor I), Prof. Dr. Awathif Kamal (Promotor II), Prof. Dr. Awadh Ismail (Penguji Eksternal), dan Prof. Dr. Yusriyah Muhammad Ibrahim (Penguji Internal). Sidang juga pejabat KBRI Kairo, yakni KUAI M. Aji Surya, Fungsi Pensosbud, dan Atase Pendidikan.

"Momentum ini sangat istimewa bagi Indonesia karena setelah 23 tahun ada mahasiswi Indonesia yang berhasil lulus program doktor di Universitas Al Azhar setelah selama ini kebanyakan oleh mahasiswa (putra)," kata Aji Surya dalam rilis yang diterima Publicanews pada Minggu (4/10) pagi.

Menurut Aji, bidang studi yang diambil Wirdah terkenal paling sulit di Universitas Al-Azhar yaitu Bahasa Arab. "KBRI Kairo turut bergembira dan menyampaikan selamat atas berhasilnya Wirdah Fachiroh menempuh program doktor tersebut dan lulus dengan nilai istimewa," ujarnya.

Nilai yudisium summa cum laude yang diperoleh Wirdah Fachiroh menambah harum nama Indonesia di Universitas Al Azhar. Saat ini tercatat hampir 8 ribu mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di sana.

Wirdah Fachiroh belajar di Al Azhar sejak jenjang S1. Ia aktif dalam berbagai organisasi dan turut membantu mengajar pelajar atau mahasiswa Indonesia. (*/oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top