Presiden Korsel Yakin Indonesia Bisa Atasi Pandemi Covid-19

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (Foto: Reuters)
PUBLICANEWS, Seoul - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Percakapan kedua pemimpin diungkapkan oleh Juru Bicara Kantor Kepresidenan Korsel Kang Min-seok.

"Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada 21 April 2020. Pembicaraan tersebut selama 20 menit dari pukul 15.25 sore," kata Kang Min-seok dalam rilisnya, Rabu (22/4).

Ia menjelaskan, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap Korsel yang dianggap sukses menangani wabah Corona. Jokowi ingin belajar dari pengalaman Korsel tersebut.

"Beliau juga menyampaikan keinginannya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman Republik Korea tersebut," Kang Min-seok menambahkan.

Presiden Moon yakin Indonesia telah berusaha keras mengatasi wabah ini dan akan bisa melewati masa sulit.

"Saya yakin Indonesia akan segera mengatasi wabah COVID-19 ini dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan rakyatnya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," ujar Presiden Moon, sebagaimana disampaikan oleh Jubir Kang Min-seok.

Pada akhir pembicaraan, Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia. "Sebelum mengakhiri pembicaraan telepon kali ini, Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia yang berbunyi, 'Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul'," ujarnya.

Diketahui Korsel termasuk negara yang sangat berhasil mengatasi wabah corona meski tidak menerapkan lockdown.

Korsel dalam tempo tiga bulan berhasil menekan jumlah korban, padahal awalnya menduduki peringkat ketiga dalam jumlah terbesar terinfeksi virus corona.

Korsel malah membantu Indonesia untuk mengatasi penyebaran virus corona. Nilai bantuannya mencapai Rp 8 miliar. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top