Dokumen Militer AS Bocor, Wabah Corona Sudah Diketahui Sejak 2017

publicanews - berita politik & hukumPreaiden AS Donald Trump. (Foto: AP)
PUBLICANEWS, Pentagon - Militer Amerika Serikat sudah memperingatkan Presiden Donald Trump akan munculnya infeksi coronavirus yang menjangkiti dunia.

Dokumen itu berjudul USNORTHCOM Branch Plan 3560: Pandemi Influenza dan Infectious Disease Response. Disebutkan ancaman yang paling mungkin dan signifikan adalah penyakit pernapasan baru, terutama penyakit baru influenza. Dokumen Militer AS Bocor, Wabah Corona Sudah Diketahui Sejak 2017

Menurut PressTV.com, Kamis (2/4), dokumen militer Pentagon atau Pentagon 'military plan' yang bocor itu diperoleh majalah mingguan The Nation.

Dokumen rahasia setebal 103 halaman yang disusun pada 2017 itu menyebutkan ancaman wabah virus pernapasan baru itu akan membuat kelangkaan peralatan medis akibat banyaknya pasien.

Mantan kepala Divisi Penyakit Menular dan Penanggulangan Badan Intelijen Pertahanan Denis Kaufman mengatakan, militer AS sudah mengetahui wabah itu dalam beberapa tahun lalu.

Ia mengatakan komunitas intelijen telah memperingatkan tentang ancaman dari virus influenza yang sangat patogen alias menular itu.

"Mereka telah memperingatkan tentang virus corona setidaknya selama lima tahun lalu," ujarnya.

Diketahui, total kasus yang dikonfirmasi positif hingga awal April di AS mencapai 228.235 orang. Kematian sebanyak 5.365 orang menempatkan negara adidaya itu berada di urutan ketiga terbanyak setelah Italia (13.915) dan Spanyol (10.003). (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top