Tiga WNI Kru Kapal Pesiar Jepang Terinfeksi Virus Corona

publicanews - berita politik & hukumTim kesehatan memasuki kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Jepang, Senin (13/2). (Foto: AFP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan tiga WNI kru kapal pesiar Diamond Princess positif terinfeksi virus Corona. Ketiga kru itu merupakan bagian dari 78 WNI yang bekerja di kapal mewah itu.

"Berdasarkan komunikasi terakhir termasuk pembicaraan dengan dubes Jepang, diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan positif terinfeksi Corona," kata Retno, usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/2).

Retno mengatakan dua dari tiga WNI tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan di Kota Chiba, Jepang. Sedangkan satu orang lagi masih dalam perjalanan ke rumah sakit. Ketiganya dalam kondisi yang stabil.

"Rumah sakitnya masih belum tahu. Kemlu melalui KBRI Tokyo terus koordinasi dengan otoritas setempat untuk memantau kabar ketiga WNI itu," ujarnya.

Retno menambahkan, KBRI terus berkomunikasi dengan para kru WNI yang masih ada di dalam kapal. Masa karantina penumpang dan kru akan berakhir pada 19 Februari besok.

Retno sudah meminta Kementerian Kesehatan menyiapkan tim untuk berangkat ke Jepang untuk memfasilitasi kepulangan para WNI.

Menurut Retno, sebanyak 456 orang dalam kapal pesiar itu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Seluruh penumpang di kapal Diamond Princess berjumlah 3.711 orang.

Diketahui, jumlah korban meninggal di seluruh dunia akibat virus Corona telah mencapai 1.873 orang pada Selasa ini. Jumlah total pengidap virus mencapai 73.325 orang. Sedangkan, 12.552 pasien dinyatakan berhasil sembuh. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top