Amerika Serikat

Terlibat Operasi al-Baghdadi, Trump Undang Anjing Conan ke Gedung Putih

publicanews - berita politik & hukumConan. (Foto: Twitter/Donald Trump)
PUBLICANEWS, Washington - Gedung Putih akan kedatangan anjing Conan yang dilibatkan dalam operasi militer dalam menumpas pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Anjing Malinois Belgia ini tercatat telah 50 kali ikut kegiatan operasi khusus dalam 4 tahun terakhir.

Presiden Donald Trump mengatakan, Conan masih berada di Timur Tengah untuk menjalani pemulihan akibat luka terkena sengatan listrik setelah menyentuh kabel telanjang di dalam terowongan tempat Baghdadi tewas meledakkan diri, di bawah kompleks di Suriah barat laut.

"American Hero," cuit Trump memuji Conan, seperti dimuat Independent, Jumat (1/11). Trump mengunggah foto yang dibuat oleh situs berita konservatif The Daily Wire berdasar foto Associated Press tentang Trump yang memberikan medali kepada James McCloughan, seorang pensiunan tenaga medis Angkatan Darat yang bertugas selama Perang Vietnam.

Mengenai data anjing tersebut sangat minim. Termasuk dirahasiakan tentang kehidupan, prestasi, dan latar belakangnya. Anjing jenis Malinois Belgia ini pernah pula dilibatkan pasukan elite Navy Seal dalam penyerbuan pemimpin Al Qaeda Usamah bin Ladin di Pakistan pada 2011.

Namun, pengungkapan nama Conan ini disesalkan mantan komandan pasukan angkatan darat AS di Eropa, Mark Hertling. Ia menyebutkan identitas Conan seharusnya dirahasiakan.

"Menyebut nama anjing, berarti Anda dapat mengetahui siapa pawangnya. Mengetahui pawang, maka Anda dapat mengetahui unitnya. Mengetahui unit, berarti memberi tahu Delta mana yang melakukan serangan itu," katanya.

Potongan Tubuh al-Baghdadi Dilarung ke Laut, Celana Dalam Jadi Petunjuk

Sebelumnya, pujian kepada Conan telah disampaikan Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley. Ia menegaskan Conan merupakan anggota penting dalam pasukan yang berjasa dalam penyerangan yang sangat sukses tersebut.

Jenderal Frank McKenzie, yang memimpin Komando Sentral AS, mengatakan Conan sebagai 'anggota pasukan penting kita'.

Sementara itu McCloughan yang mengetahui foto pemberian penghargaan padanya telah diubah menjadi gambar Conan, sambil tertawa menyebutnya 'anjing-anjing militer sangat pemberani'.

McCloughan (74) mendapat penghargaan dari Trump pada upacara di Gedung Putih pada 2017 karena berjasa menyelamatkan 10 pria selama perang Vietnam. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. de'fara @shahiaFM02 November 2019 | 18:31:13

    Wah .... Hebat jg ya si Anjing Conan, walaupun dia seekor hewan, tapi kemampuannya sangat ampuh.

Back to Top