Malaysia

Dua Menteri Berseteru Soal Asap, Mahathir Surati Jokowi

publicanews - berita politik & hukumTitik api kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. (Foto: The Star)
PUBLICANEWS, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo soal asap. Surat tersebut menyusul perselisihan antara Menteri Lingkungan Malaysia Yeo Bee Yin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Kedua menteri saling berbantah soal penyebab asap yang sudah masuk ke Malaysia. Yeo menuding kebakaran di Kalimantan dan Sumatera menjadi penyebab menebalnya asap dan masuk ke negeri jiran itu. Sebaliknya, Siti Nurbaya menepis dengan menyebutkan kebakaran terjadi pula di Serawak, Malaysia.

"Surat itu akan dikirim oleh kantor Perdana Menteri sesegera mungkin. Kami berharap pemerintah Indonesia dapat meningkatkan upaya mereka dalam memerangi kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera," kata Yeo, seperti dikutip laman The Star, Jumat (14/9).

Yeo menambahkan, sekolah di Selangor diliburkan karena asap. Ada sekitar 45 ribu pelajar libur sekolah. Pemerintah telah menyiapkan pesawat untuk penyemaian awan agar timbul hujan.

Menanggapi tudingan Siti Nurbaya, Yeo merujuk data dari Pusat Meteorologi khusus ASEAN menyebutkan kebakaran hutan di Malaysia hanya terdeteksi 5 titik sedangkan di Kalimantan dan Sumatera mencapai 1.500 lokasi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top