Mesir

KBRI Kerja Sama Pasarkan Produk RI dengan Raksasa Ritel Lulu Hypermarket

publicanews - berita politik & hukumDubes Helmy Fauzy menerima penjelasan dari Direktur Regional Lulu Group International Huzaifa Qureshi soal produk makanan dan buah Indonesia yang dipasarkan di Lulu Kairo, Mesir, Kamis (8/8). (Foto: KBRI Mesir)
PUBLICANEWS, Kairo - Duta Besar RI Helmy Fauzy didampingi Atase Perdagangan Irman Adi Purwanto dan staf KBRI Mesir mengunjungi raksasa ritel asal Persatuan Emirat Arab (PEA) Lulu Hypermarket di First Settlement, Kairo, Kamis (8/8).

Dalam pertemuan yang dihadiri Direktur Regional Lulu Group International Huzaifa Qureshi ini, Dubes Helmy menjajaki kerja sama antara KBRI dan Lulu Hypermarket untuk memasarkan produksi Indonesia ke Mesir dan negara Afrika di sekitarnya.

“Kami berharap melalui jaringan Lulu Hypermarket, produk produk Indonesia, khususnya makanan dan buah-buahan tropis bisa semakin merambah pasar Mesir dan negara negara di sekitarnya,“ kata Helmy, lewat rilis yang diterima Publicanews pada Jumat (9/8) malam.

Menurut Huzaifa, Lulu Hypermarket di Kairo telah mengimpor 50 produk hasil pangan, buah, dan sayur-sayuran dari Indonesia. Saat ini perusahaannya berminat mengimpor pakaian anak-anak, alas kaki, tuna kaleng, serta beberapa produk lainnya.

Potensi pasar Mesir dan Afrika, ia menambahkan, masih besar dan terbuka lebar bagi produk-produk Indonesia. “Banyak produk Indonesia yang berkualitas dunia dengan harga terjangkau,” ujar Huzaifa.

Dubes Helmy membenarkan. Ia menilai Mesir adalah pasar yang besar dan sangat potensial untuk memasarkan produk-produk Indonesia. "Lulu Hypermarket merupakan outlet yang tepat untuk mempromosikan produk Indonesia,” kata mantan anggota DPR dari F-PDI Perjuangan ini.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut beberapa tim manajemen jaringan Lulu Hypermarket, antara lain Buying Manager Kabeer P Khalid, Commercial Manager Abdul Majed, dan Regional Manager Mohamed Shareef.

Gelar Festival Indonesia
Untuk meningkatkan pemasaran produk-produk Indonesia, pada kesempatan itu juga dibahas rencana menggelar Festival Indonesia di Lulu Hypermarket pada pekan pertama Oktober 2019.

Huzaifa dan timnya juga akan hadir pada pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) pada 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD City, Banten, untuk bertemu langsung dengan para eksportir Indonesia,

KBRI Kairo sendiri akan menggelar Agri Expo Indonesia pada tanggal 8-9 September 2019 guna mempromosikan produk agro Indonesia. Helmy berharap melalui pameran ini produk-produk Agro Premium Indonesia lebih dapat dikenal dan dipasarkan melalui jaringan ritel Lulu Hypermarket.

Komoditas Indonesia yang hendak dipasarkan di Mesir dan Afrika harus terlebih dahulu didaftarkan di Badan Pengawasan Ekspor dan Impor Mesir. Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Mesir Nomor 43 Tahun 2016 tentang Amandemen Tata Laksana Registrasi Perusahaan Eksportir ke Mesir.

Lulu Hypermarket merupakan jaringan ritel terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika yang berkantor pusat di Abu Dhabi. Selain Mesir, Lulu juga memiliki cabang di Oman, Qatar, Kuwait, Bahrain, Saudi Arabia, India, Malaysia, dan Indonesia.

Guna mempermudah penetrasi produk-produk Indonesia di pasar Mesir, khususnya melalui jaringan Lulu Hypermarket, disarankan para produser, grower, dan pengusaha agri Indonesia untuk melakukan pendekatan bisnis ke pihak Lulu Consolidated Office di Jakarta.

Lulu Hypermarket Mesir saat ini sudah memasarkan 50 jenis produk Indonesia. Mereka menargetkan menambah lagi hingga 100 jenis produk pada 2020. (ian/*)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. de'fara @shahiaFM10 Agustus 2019 | 21:04:52

    Kebudayaan sudah, sekarang produk nya, sesuatu langkah maju dan patut untuk kita banggakan sbg anak bangsa.

Back to Top