Pria Muslim India Dipidana 3 Tahun Bila Talak Tiga ke Istri

publicanews - berita politik & hukumWanita muslim India mendatangi gedung parlemen, Selasa (30/7). (Foto: the Guardian)
PUBLICANEWS, New Delhi - Parlemen India telah mengesahkan undang-undang yang akan memidana pria muslim yang memberi talak tiga istrinya. Menteri Dalam Negeri Amit Shah menyebut, keputusan itu untuk melindungi kaum wanita muslim.

"Hari ini adalah hari yang baik untuk demokrasi di India. Ada kepastian hukum untuk melarang talak tiga yang membebaskan wanita muslim dari praktik represif," kata Amit Shah, seperti dikutip dari India Today, Selasa (30/7).

Sementara Perdana Menteri Narendra Modi menyebutnya sebagai kemenangan bagi keadilan gender dan meningkatkan kesetaraan di masyarakat.

"Parlemen menghapuskan talak tiga dan mengoreksi kesalahan historis yang dilakukan pada wanita muslim. Ini adalah kemenangan keadilan gender dan akan semakin ada kesetaraan dalam masyarakat. India bersukacita hari ini!" kata Modi.

RUU disahkan melalui pemungutan suara di parlemen dengan perbandingan 99 orang mendukung dan 84 lainnya menolak, Selasa kemarin.

Sebelumnya pada 2017, Mahkamah Agung (MA) India telah menggolongkan talak sebagai pelanggaran konstitusi. Para pendukung menekankan bahwa talak sangat mendiskriminasi perempuan.

Menteri Kehakiman Ravi Shanker Prasad menyatakan meski telah dilarang lewat putusan MA tetapi praktik talak tiga masih menjamur. Ada sekitar 574 kasus sejak larangan talak tiga diberlakukan dua tahun lalu.

Berbagai kasus dilakukan pria muslim memberi talak tiga antara lain melalui surat, telepon, dan semakin banyak lewat pesan WhatsApp serta Skype.

Disahkannya beleid tersebut akan menguatkan keputusan MA, di mana pria pemberi talak tiga terancam hukuman tiga tahun penjara.

Namun, tidak semua menyambut gembira lolosnya RUU Wanita Muslim itu. Anggota parlemen dari Partai All India Majlis-e-Ittehadul Muslimeen Asaduddin Owaisi menyebut lahirnya undang-undang itu merupakan serangan terhadap identitas muslim.

Dalam hukum Islam, seorang suami diperbolehkan menceraikan istrinya dengan mengucapkan kata 'talak' sebanyak tiga kali. Bahkan, pada sejumlah kasus, talak tiga diberikan melalui email atau SMS. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top