Pertama di Inggris, Istri Gugat Suami Karena Tularkan HIV

publicanews - berita politik & hukumWanita Inggris 36 tahun yang menggugat perdata suaminya lantaran menularkan HIV padanya. (Foto: Getty Images)
PUBLICANEWS, London - Wanita 36 tahun menuntut suami karena telah menularkan virus penyerang sistem kekebalan tubuh atau Human Immunodeficiency Virus (HIV). Kasus ini menarik karena baru pertama terjadi di Inggris.

Perempuan yang disembunyikan identitasnya itu menggugat suami 50 ribu Pound, sekitar Rp 869 juta, atas penularan dan kelalaian tersebut. Dokter mendiagnosisnya mengidap AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome saat ia berobat radang paru-paru.

"Saya wanita setia dalam tujuh tahun pernikahan kami," katanya, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (23/7). "Satu-satunya cara saya mendapatkan HIV ini adalah melalui hubungan seks," ia menambahkan.

Ia baru tahu sang suami kerap melakukan hubungan seks dengan sejumlah wanita dan pria di belakangnya tanpa kondom. Ketika ia mengabarkan diagnosis dokter tersebut, suami yang kini berpisah karena kasus ini, hanya menjawab singkat. "Oke."

Dua hari setelah itu ia kembali menguhubungi sang mantan, tapi lagi-lagi mendapatkan jawaban yang mengejutkan. "Saya tidak percaya kamu baru saja mengatakan akan mati," ujarnya, menirukan pesan tertulis mantan suaminya.

Yang membuatnya makin kesal, mantan suami menyebut ia menderita AIDS --tahap paling lanjut dari virus HIV-- karena terobsesi dengan kebersihan. Korban memang rajin membersihkan rumah dengan cairan pemutih. Hal itulah yang dituduhkan membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah.

"Saat itulah saya memutuskan untuk menghubungi pengacara, saya tidak bisa membiarkannya lolos begitu saja," wanita tersebut menegaskan.

Pengacaranya menyarankan korban melayangkan gugatan perdata karena di Inggris kasus penularan HIV di dalam keluarga sulit masuk ranah pidana. Kasus yang bergulir pada Mei lalu ini masih menunggu jadwal sidang.

Kasus ini mirip dengan John B di Amerika Serikat pada 2008 lalu. Ia didenda 8,3 juta Pounds oleh Pengadilan California karena menularkan HIV kepada istrinya.

Di Inggris pernah terjadi penata rambut Darryl Rowe dipenjara seumur hidup karena sengaja menularkan penyakit HIV pada April 2018. Namun wanita yang dijuluki 'Penata Rambut HIV' itu seorang lajang. Ia diketahui melakukan kampanye balas dendam terhadap kaum gay yang telah menularinya. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top