Pertemuan Satu Menit Jokowi-PM Jepang Digunjingkan Warganet

publicanews - berita politik & hukumPerbandingan durasi pertemuan PM Shinzo Abe dengan sejumlah kepala negara anggota G20 di sela KTT G20 di Kota Osaka, Jepang. (Foto: capture 6 TBS TV News Caster)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, menjadi pembicaraan warganet. Padahal, keduanya hanya bercakap-cakap satu menit.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana dalam rilisnya, Selasa (2/7) siang, mengatakan, pertemuan Jokowi dan Shinzo Abe baru teragendakan saat KTT G20 berlangsung.

"Kepala pemerintahan lainnya melakukan pertemuan bilateral satu hari sebelum KTT G20," ujar Hikmahanto. Ia menanggapi pertemuan Jokowi-Abe pada Sabtu (29/6) pukul 22.00 waktu Jepang.

Menurutnya, meski singkat tetapi ada dua hal yang dihasilkan. Pertama, kata Hikmahanto, terjadi pertemuan bilateral. Tidak semua kepala negara berkesempatan bertemu langsung tuan rumah.

"Kedua, meski dalam waktu yang sangat terbatas, Presiden dan PM Abe telah mampu menegaskan kerja sama ekonomi untuk memajukan kedua bangsa," ia menjelaskan.

Sebelumnya, TV Jepang saluran 6 TBS TV News Caster menayangkan perbandingan para kepala negara yang berkesempatan bertemu dengan PM Abe. Disebutkan pertemuan terlama terjadi saat menerima Presiden Prancis Emmanuel Macron, yakni selama 87 menit. Pertemuan Abe dengan Presiden Rusia Vladimir Putin menghabiskan waktu 82 menit.

Abe-Jokowi hanya berbincang 60 detik. "PM Abe pasti lelah ya kerja keras di pertemuan G20 kemarin, tapi sayang, tidak ada pertemuan dengan Kepala Negara Korea Selatan, sementara dengan Presiden Indonesia Jokowi hanya satu menit," komentar pembaca acara Shinichiro Azumi.

"Kalau pertemuan antara dua orang saja, bicara cuma beberapa detik ya langsung selesai," ujar pelawak terkenal Takeshi Beat menimpali dalam acara itu.

Kemudian, Shinichiro Azumi menduga bahwa Jokowi dan Shinzo Abe hanya membahas kesepakatan ekonomi. "Ada penerjemahnya kan? Mungkin isi pertemuan itu hanya konfirmasi soal kesepakatan ekonomi kedua negara," ujarnya.

Pertemuan Jokowi dan Shinzo Abe ini menjadi pergunjingan luas di media sosial. Beberapa bahkan salah kaprah menyebut hitungan waktu itu merujuk pada durasi pidato Jokowi di acara multilateral tersebut. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top