Ribuan WNI Mudik Lebaran ke Rumah Indonesia di Mesir

publicanews - berita politik & hukumDubes RI untuk Mesir bersilaturahmi dengan WNI di KBRI Kairo, Rabu (5/6). (Foto: KBRI Mesir)
PUBLICANEWS, Kairo.- Tak kurang dari 4000 warga Indonesia di Mesir memadati halaman KBRI Kairo pada acara Halal Bihalal Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang diselenggarakan KBRI Kairo pada Rabu (5/6).

"Idul Fitri merupakan momentum untuk saling memaafkan dan merajut persatuan dan persaudaraan antara sesama warga bangsa yang saat ini sedang berada di perantauan di Mesir,” kata Dubes Helmy.

Setelah sebulan menjalankan ibadah puasa di Negeri Seribu Menara, masyarakat Indonesia yng tidak berkesempatan mudik ke Tanah Air berkumpul di halaman kantor KBRI Kairo guna melakukan salat Ied bersama dan berhalalbihalal.

Selesai salat, Dubes Helmy Fauzy membuka kediaman di Wisma Duta untuk acara Halal Bihalal bagi masyarakat Indonesia di Mesir. Lebaran kali ini merupakan Lebaran ketiga bagi Dubes Helmy dan keluarga di Mesir yang memulai penugasannya pada t2016.

Pada setiap perayaan Idul Fitri, Dubes Helmy selalu mengajak masyarakat Indonesia yang tak sempat mudik lebaran ke tanah air untuk 'mudik' ke Wisma Duta. “Mudik lebaran merupakan tradisi yang patut dipelihara untuk senantiasa menyegarkan akar kultural dan mengingatkan darimana kita berasal,” Helmy menambahkan.

Hal senada diungkapkan Dwi Ria Latifa, istri Helmy. Dwi Ria, anggota DPR sari PDI-P, setiap lebaran selalu menyempatkan diri berkunjung ke Mesir untuk mendampingi suami memberi suasana lebaran Indonesia bagi masyarakat Indonesia di Mesir.

"Berlebaran di Wisma Duta KBRI Kairo merupakan hal yg sangat dinantikan masyarakat Indonesia karena mereka merasa seperti mudik dan bisa bersilahturahmi dengan kerabat dan sesama masyarakat indonesia di Mesir," ujar Dwi Ria Latifa.

Dubes Helmy berupaya menghadirkan suasana Lebaran di Indonesia di KBRI Kairo sebagai Rumah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan pangung hiburan dengan penampilan musik-musik lebaran khas Indonesia yang dibawakan oleh para mahasiswa Indonesia yang belajar di Al Azhar serta pelajar dari Sekolah Indonesia Kairo. Masyarakat Indonesia yang hadir juga dapat mengobati kerinduan berlebaran di tanah air dengan menikmati ketupat lengkap dengan rendang, opor ayam dan lontong sayur.

Kepada masyarakat Indonesia yang hadir, Dubes Helmy menekankan pentingnya pesan lebaran untuk saling maaf memaafkan dan melupakan pertikaian serta merajut persatuan. Dubes Helmy mengharapankan agar momentum Idul Fitri dapat memperkuat tali silaturrahmi, tali ukhuwah antara masyarakat Indonesia di Mesir. (feh/*)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top