Inggris

Wayne Rooney Marah Adiknya Berpose Bersama Pembenci Islam

publicanews - berita politik & hukumBintang sepakbola Inggris Wayne Rooney (kiri) dan adiknya Graham Rooney. (Foto: Splash News)
PUBLICANEWS, Liverpool - Bintang sepakbola Inggris Wayne Rooney (33) marah dan kecewa terhadap adiknya Graham Rooney (31) karena berpose bersama tokoh pembenci Islam Inggris Tommy Robinson. Gambar Graham-Robinson tersebut diambil di rumah minum Slaughter House, Liverpool.

"Wayne tidak punya kedekatan dengan Tommy Robinson atau sikap politiknya," kata juru bicara mantan kapten klub Manchester United dan Tim Nasional Inggris itu, seperti dikutip The Sun, Rabu (22/5).

Rooney, ia menambahkan, menganggap Graham telah mempermalukan keluarga dengan foto bersama aktivis sayap kanan yang dibenci banyak orang Inggris tersebut. Ia berharap sang adik tidak sepenuhnya sadar dengan siapa ia telah berpose.

Video Graham dan Robinson tersebut diambil saat keduanya keluar dari toilet. Mereka tampak akrab, menyeringai, dan tangan Graham melingkar di bahu pendiri Liga Pertahanan Inggris (EDL) yang anti-Islam itu.

Robinson tengah berkampanye sebagai calon independen untuk merebut kursi parlemen Inggris Barat Laut. Pria keturunan Yahudi bernama asli Stephen Yaxley-Lennon itu memanfaatkan banyak selebritas dan mengajak foto bersama, seolah-olah mereka mendukungnya. Graham hanya salah satunya.

"Ayo Rooney!" Robinson terdengar berteriak dalam cuplikan video yang viral tersebut. "Besok video ini akan dilihat banyak orang Inggris," ia menambahkan, sambil terbahak.

Pembenci Islam Inggris Disiram Susu Saat Kampanye Senator

Video tersebut diambil hanya beberapa jam setelah Robinson muncul dalam rapat umum di Merseyside. Mantan perusuh sepakbola atau hooligan itu dicerca jutaan orang setelah membentuk EDL pada 2009 dengan mengusung islamofobia.

Senin (20/5), mobil van timnya dilempar batu bata saat Robinson berkampanye di Preston, Lancs, menyusul serangkaian protes atas orasinya yang bernada rasis.

Selasa (21/5) malam waktu setempat, Rooney mengomel kepada temannya atas beredarnya foto sang adik bersama Robinson.

"Wayne telah menghabiskan 17 tahun terakhir berbagi kamar ganti dengan para pemain dari berbagai agama, warna kulit, dan ras. Dia marah dengan apa yang telah dilakukan Graham," ujar sang teman.

Rooney bersaudara lahir di Liverpool, berdarah Irlandia dari orang tuanya. Mereka pemeluk Katolik Roma. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top