Skandal Seks

Pengadilan Tolak Keluarkan Perintah Penangkapan Bintang K-Pop Seungri

publicanews - berita politik & hukumBintang K-pop Seungri alias Lee Seung-hyun sekeluar sidang di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5) sore. (Foto: Yonhap)
PUBLICANEWS, Seoul - Pengadilan Distrik Pusat Seoul menolak permintaan polisi untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan mantan anggota boyband Bigbang Seungri. Penyanyi bernama asli Lee Seung-hyun ini tengah diselidiki dalam skandal seks, narkoba, dan penggelapan pajak.

Kasus ini sempat menggemparkan industri hiburan Korea Selatan. Hakim Shin Jong-yeol mengatakan, soal kasus penggelapan pajak yang dituduhkan pada artis 28 tahun itu terbuka untuk diperdebatkan.

"Namun untuk kasus prostitusi dan narkoba tidak cukup bukti untuk membuatnya ditahan," kata Hakim Jong-yeol, seperti dikutip Korea Times, Rabu (15/5).

Memang ada kemungkinan Seungri menghilangkan barang bukti penggelapan pajak jika tidak ditahan. Namun hakim menyatakan kasus ini sumir. Ia meminta polisi menujukkan bukti-bukti lain yang lebih kuat.

Skandal Seungri menjadi isu utama publik Korsel sejak Desember 2018. Polisi menduga idola K-pop yang dekat dengan artis Indonesia Raline Shah itu menjalankan bisnis mucikari bersama mitranya Yoo In-suk sejak 2015.

Salah satu yang disorot adalah 'pesta seks' saat Seungri merayakan ulang tahun ke-27 di Pulau Pamalican, Filipina, pada Desember 2017. Saat itu Raline Shah turut hadir.

Bersama In-suk, Seungri juga dituduh menggelapkan pajak 530 juta Won, sekitar Rp 6,4 miliar, dari binis kafe Burning Sun. Kafe anak muda di kawasan elit Gangnam, Seoul selatan, itu tak membayar pajak secara benar sejak 2016.

Polisi Minta Surat Penangkapan Bintang K-Pop Seungri

Seungri yang hadir dalam sidang kemarin membantah semua tuduhan polisi.

Burning Sun berdiri di tengah skandal seks dan narkoba yang melibatkan Seungri dan bintang K-pop lainnya. Klub ditutup pada Februari 2019 setelah polisi melakukan penyelidikan atas penggunaan narkoba, kekerasan seksual, dan pemberian suap kepada politisi.

Seungri adalah direktur Burning Sun dan secara aktif mempromosikan klub malam tersebut di TV dan media online. Ia kemudian mengundurkan diri dari kafe dan dunia hiburan setelah skandalnya menjadi isu nasional.

Penyanyi Let's Talk About Love itu juga diduga salah satu pelakon video seks dengan 10 artis Korsel. Video tersebut direkam diam-diam oleh penyanyi Jung Joon-young yang sekarang dipenjara.

Begitu seriusnya skandal Seungri ini sampai-sampai Presiden Moon Jae-in memerintahkan penyelidikan menyeluruh. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top