Pembunuhan Kim Jong-nam

'Mantan Rekan' Siti Aisyah Akhirnya Bebas Hari Ini

publicanews - berita politik & hukumDoan Thi Huong, WN Vietnam pembunuh Kim Jong-nam, keluar dari Penjara Kajang, Kuala Lumpur, untuk pulang ke Vietnam pada Jumat (3/5) malam ini. (Foto: The Star)
PUBLICANEWS, Kuala Lumpur - Warga Vietnam Doan Thi Huong (30), terpidana kasus pembunuhan Kim Jong-nam, bebas hari ini. Pengacaranya Salim Bashir mengatakan, Doan akan pulang ke Vietnam pukul 19.15 waktu Malaysia.

Doan akan dikawal petugas imigrasi hingga menaiki tangga pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). "Dia akan naik penerbangan komersial, Vietnam Airlines, malam ini," katanya, seperti dikutip The Star, Jumat (3/5).

Mantan 'rekan' WNI Siti Aisyah itu telah dikeluarkan dari Penjara Kajang pukul 07.15 tadi. Ia kemudian dibawa Departemen Imigrasi untuk mengurus dokumen pembebasannya.

Hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam memvonis Doan dengan hukuman 3 tahun 4 bulan penjara pada 1 April 2019. Dipotong masa tahanan dan remisi sepertiga masa hukuman, Doan bebas hari ini.

'Rekan' Siti Aisyah Divonis 3 Tahun Atas Pembunuhan Kim Jong-nam

Doan mengaku berasalah atas dakwaan alternatif membunuh kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 13 Februari 2017. Semula, bersama WNI Siti Aisyah, Doan didakwa dengan Pasal 320 Penal Code (KUHP-nya Malaysia) dengan ancaman hukuman gantung.

Namun Jaksa mengubah dakwaan kepada Doan, bersamaan dengan pencabutan dakwaan Siti Aisyah. Bedanya, Siti kemudian dibebaskan pada 11 Maret 2019, sementara sidang Doan berlanjut. Namun dakwaannya menjadi ringan.

Dalam dakwaan alternatif tersebut, Jaksa menuduh Doan membantu empat WN Korut yang masih buron membunuh Kim Jong-nam alias Kim Chol dengan racun saraf VX yang mematikan.

Ia kemudian ditangkap polisi bersama Siti Aisyah pasca penyerangan terhadap Jong-nam. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top