Irak

Klaim di Balik Bom Srilanka, Pimpinan ISIS Unjuk Diri

publicanews - berita politik & hukumPenampilan terbaru pimpinan ISISI Abu Bakar Al-Baghdadi. (Foto: AFP)
PUBLICANEWS, Bagdad - Pimpinan tertinggi ISIS atau Negara Islam di Iraq dan Suriah, Abu Bakr al-Baghdadi, menunjukkan batang hidungnya setelah penampilannya dalam video pada 2014.

Dalam video yang konon disebut dibuat pada April 2019 ini dan diunggah jaringan media al-Furqan milik kelompok militan itu, Baghdadi mengklaim berada di balik serangan Minggu Paskah di Srilanka yang menewaskan 253 orang.

Baghdadi kembali menegaskan bahwa jihad adalah satu-satunya solusi bagi 'tirani'. Ia pun menyatakan masih mendapat janji kesetiaan para militan di Burkina Faso dan Mali, Sudan hingga Ajazair.

Dalam video berdurasi 18 menit itu juga dibahas kekalahan ISIS di banyak wilayah. "Akan ada lebih banyak yang akan datang sertelah pertempuran ini," ujar Baghdadi dalam video, seperti tampak pada Selasa (30/4).

Pria kelahiran Irak bernama asli Ibrahim Awwad Ibrahim al-Badri ini tampil dengan jenggot lebat berwarna abu-abu dan ujungnya kemerahan. Ia hendak tampil mirip pimpinan Al-Qaeda, Usamah Bin Ladin.

Ia memposisikan diri sebagai pimpinan jihadis dengan duduk bersila di suatu ruangan. Di sampingnya senapan AK yang sudah dimodifikasi. Jarak senjata otomatis itu hanya sejangkuan tangan kanan.

Wajahnya memang lebih tua dari umurnya yang 47 tahun. Ia mengenakan gamis warna hitam dengan rompi warna krem. Pasca tenggelamnya Al-Qaeda, ISIS di awal keberadaannya lima tahun lalu telah mampu membentangkan pengaruhnya hingga Afrika dan Asia.

Video itu seolah kembali menegaskan ISIS tetap bertahan meski beberapa wilayah yang sebelumnya dalam cengkeramannya di Suriah dan Irak rontok satu per satu. Lebih dari itu, pimpinan ISIS yang berharga 25 juta dolar atau setara dengan Rp 355 miliar hendak menyatakan masih sehat bugar setelah berulang kali dikabarkan tewas dalam pertempuran. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top