Mulai Hari Ini, Jangan Pernah Curi Foto Upskirt di Inggris

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, London - Jangan pernah mencuri foto wanita dari bawah roknya di Inggris, Anda bisa dihukum hingga dua tahun. Mulai Jumat (12/4) ini, Inggris menerapkan UU Pengintipan atau Voyeurism Act. Beleid ini juga berlaku di Wales, bagian dari Britania Raya.

Menurut undang-undang baru tersebut, para upskiters alias tukang intip daleman akan dimasukkan dalam daftar pelanggar seks.

Pemimpin kampanye anti-upskirt dan wanita korban intip Gina Martin menyambut baik pemberlakukan regulasi ini. "Akhirnya kami memiliki undang-undang yang melindungi wanita dari aksi intip yang meningkat belakangan ini," katanya, seperti dikutip The Sun, Jumat (12/4).

"Sekarang jelas, tidak ada alasan untuk perilaku mengintip. Pelaku harus merasakan kekuatan penuh dari hukum. Mulai hari ini, hukum akan ditegakkan," kata Menteri Kehakiman Lucy Frazer.

Pada Juni 2018 lalu, saat masih berupa rancangan undang-undang, anggota parlemen dari Partai Koservatif Sir Christopher Chope menentangnya. Hal itu memicu kemarahan para wanita Inggris, mereka menggelar demonstrasi dan menggantungkan celana dalam di kantor Chope.

Dalam Voyeurism Act ini disebutkan, mereka yang dikategorikan sebagai 'penjahat seks' adalah 'mereka yang mengoperasikan peralatan atau merekam gambar di bawah rok orang lain dengan maksud untuk melihat, atau memungkinkan orang lain untuk melihat, alat kelamin atau bokong mereka (dengan atau tanpa pakaian dalam), baik untuk kepuasan seksual atau menyebabkan penghinaan'.

Sayangnya, Anda tidak bisa sembarangan melaporkan aksi voyeurism jika tidak punya setidaknya dua orang saksi. Maka celakalah Anda karena bisa dikenakan tuduhan sebagai pembuat laporan palsu.

UU anti-mengintip ini sudah diadopsi di banyak negara, antara lain Australia dan Filipina --dengan nama berbeda. Di Filipina, dokter selebritas Hayden Kho pernah dihukum karena menyebarkan foto dan video daleman artis yang menjadi pasiennya.

Filipina menamai beleid ini dengan UU Antifoto dan Video Intip atau Anti-Photo and Video Voyeurism Act. Sudah diberlakukan sejak 2009. Kapan Indonesia? (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top