Inggris

Sidang David Beckham Akhirnya Diputuskan Terbuka

publicanews - berita politik & hukumMantan bintang sepakbola Inggris David Beckham mengemudikan mobil sambil bermain ponsel. (Foto: Splash News)
PUBLICANEWS, London - Diprotes publik dan media, pengadilan akhirnya akan menyidangkan kasus David Beckham (43) secara terbuka. Mantan bintang sepakbola Inggris itu kepergok mengemudikan mobil mewahnya Bentley sambil main ponsel.

Kemarin, melalui pengacaranya, Beckham sudah mengaku bersalah dalam sidang tertutup di Pengadilan Bromley, London selatan. Di Inggris berlaku Prosedur Keadilan Tunggal atau Single Justice Procedure (SJP) untuk mempercepat peradilan kasus-kasus ringan dan sederhana. Cukup pengacara yang menghadap hakim di ruang kerjanya.

Namun, sumber di Pengadilan Bromley mengatakan, hakim merasa perlu menyidangkan secara terbuka karena masih membutuhkan informasi lebih mendalam. Publik pun berhak tahu.

"Hakim telah memerintahkan sidang dengar pendapat secara terbuka. Tuan Beckham akan diberitahu tentang hal ini dan ia punya pilihan untuk hadir atau tidak. Dia mungkin ingin menjelaskannya sendiri secara langsung," katanya, seperti dikutip The Sun, Rabu (20/3).

Mantan kapten klub Manchester United dan tim nasional Inggris itu tertangkap CCTV saat melintas West End London pada 21 November 2018. Ia juga mengendarai mobil seharga 100 ribu Pound, sekitar Rp 1,8 miliar, melebihi batas kecepatan.

Suami 'Posh Spice' Victoria Adam (44) itu terancam denda 2 ribu Pounds, setara Rp 37 juta lebih, dan dicabut SIM-nya untuk beberapa waktu.

Kasus Beckham ini memicu kontroversi di Inggris selama hari-hari pekan ini lantaran ditangani secara tertutup. Publik menyatakan SJP sebagai 'penghinaan terhadap keadilan terbuka' karena pers dan publik tidak dapat hadir.

Beckham, yang pernah bermain untuk klub Real Madrid dan Los Angeles Galaxy, sudah beberapa kali melanggar batas kecepatan berkendara. Pada Januari 2018, ia juga kepergok ngebut di jalanan London barat. Namun tuntutan pengadilan dibatalkan karena 'kesalahan teknis'.

Pada 1999, ia dihukum tidak boleh nyetir selama delapan bulan. Namun, lagi-lagi vonis batal karena pengacaranya bisa meyakinkan hakim tunggal bahwa Beckham ngebut untuk menghindari paparazzi.

Entah untuk kasus kali ini, karena ayah empat anak itu juga melanggar larangan bermain ponsel saat mengemudi. Sidang terbuka akan digelar pada 17 April mendatang --persis saat di Indonesia melakukan pencoblosan Pemilu 2019. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top