Politisi Malaysia Kutip Pidato Dahsyat Soekarno dalam Kampanye

publicanews - berita politik & hukumPolitisi Partai Pakatan Harapan Muhammad Aiman Zainal dan Presiden pertama RI Soekarno. (Foto: Kolase/Publicanews)
PUBLICANEWS, Semenyih - Muhammad Aiman Zainal mungkin bukan orator ulung. Ia masih sangat muda --usianya 30 tahun-- untuk terjun ke politik Malaysia. Namun orasinya di hadapan PM Malaysia Mahathir Mohammad, Kamis (28/1) malam, dinilai memukau.

Dalam kampanye untuk memperebutkan kursi parlemen Semenyih, kandidat dari partai berkuasa Pakatan Harapan itu mengutip pidato Presiden pertama RI Soekarno yang terkenal.

"Seperti yang dikatakan Soekarno, 'Beri aku seribu lelaki tua, niscaya akan kucabut (Gunung) Semeru dari akarnya. Tetapi beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,'," katanya, seperti dikutip laman The Star, Jumat (1/3) pagi.

Semenyih adalah kota kecil di Negara Bagian Selangor. Aiman bertarung dengan empat calon lainnya. Ia 'beruntung' karena mewakili aliansi partai politik yang dipimpin Wan Azizah Ismail, Wakil PM Malaysia dan istri Anwar Ibrahim. Pakatan adalah koalisi yang mengalahkan UMNO pada pemilu Malaysia lalu.

"Saya percaya Semenyih memiliki potensi besar, jadi saya menawarkan diri kepada orang-orang untuk memberi saya kesempatan untuk melayani Semenyih," ujarnya.

Siapa Aiman Zainal?

Alumnus Universitas Malaya ini 'bintang muda' dalam pemilu raya di Semenyih. Penampilannya mengundang perhatian pengamat, bukan soal kepiawaiannya berbicara, melainkan caranya menjawab pertanyaan media.

Dalam video klip sebuah wawancara, Aiman terlihat tidak nyaman menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit wartawan. Berbeda dengan kandidat lain yang lebih senior yang sudah terbiasa menghadapi media.

Rekan separtainya, Syed Saddiq Abdul Rahman, mengatakan Aiman adalah 'pemuda yang sedikit bicara tapi banyak kerja'.

Presiden Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) Tan Sri Muhyiddin Yassin mengakui Aiman butuh waktu untuk bisa mengambil hati publik.

"Ya, saya akui bahwa sebagai pemuda dia mungkin perlu waktu untuk memenangkan hati masyarakat. Tapi dia pintar dan berkualitas. Saya percaya dia berpotensi menjadi wakil terpilih," ujar Muhyiddin, salah satu anggota aliansi Pakatan.

Muhyiddin mencontohkan Menteri Pemuda dan Olahraga Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, menteri termuda dalam kabinet Mahathir. Banyak orang semula meragukan Saddiq, tapi akhirnya publik Malaysia jatuh cinta padanya.

"Bukan karena dia tampan, tetapi karena kepintarannya," katanya.

Menteri Syaddiq masih 26 tahun, tampan, dan cerdas. Dia lah yang pertama mengutip kalimat Soekarno itu setelah dilantik menjadi Menpora pada Juli 2018.

Aiman 'menapaktilasi' sukses Syaddiq dengan kembali mengutip kalimat dahsyat Soekarno tersebut. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top