Filipina

Lagi, WN Indonesia Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

publicanews - berita politik & hukumWN Samsul Sauguni memohon dibebaskan di bawah todongan senjata penculiknya Kelompok Abu Sayyaf. Video diduga dirilis oleh penyekapnya. (Foto: YouTube)
PUBLICANEWS, Zamboanga City - Kelompok perompak Abu Sayyaf membebaskan WN Indonesia Samsul Sauguni pada Selasa (15/1) kemarin. Kapten kapal penangkap ikan Malaysia itu disandera selama empat bulan di hutan-hutan Kepulauan Sulu, Filipina selatan..

Humas Komando Mindanao Barat (Westmincom) Kolonel Gerry Besana mengatakan, Samsul dibawa ke rumah mantan Gubernur Sulu Abdul Sakur Tan di Poblacion, Maimbung, Sulu, pada pukul 16.30 waktu setempat.

Samsul dan temannya Usman Yunus (35) sedang melaut di perairan Semporna, Sabah, Malaysia pada 11 September 2018 ketika kelompok Abu Sayyaf menculik mereka.

Usman berhasil melarikan diri dan diselamatkan oleh pasukan gabungan Tim Pendaratan Batalyon Marinir 3 Tentara Filipina dan Polisi Sulu pada 6 Desember 2018.

Adapun Samsul, ia pernah memohon untuk dibebaskan melalui video yang diduga dirilis oleh kelompok penyekapnya. Ia berbicara di bawah todongan senjata gerilyawan Abu Sayyaf.

Belum ada informasi apakah Samsul dibebaskan setelah membayar tebusan. <>i>The Inquirer, laman berita Filipina, belum mendapat jawaban dari otoritas setempat.

Menurut Komandan Divisi Ifanteri ke-11 Filipina Brigadir Jenderal Pabayo Jr, saat ini masih ada lima orang asing dan WN Filipina yang disekap kelompok Abu Sayyaf di pedalaman Sulu. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top