Mesir

Gaunnya Menerawang, Aktris Rania Youssef Terancam Hukuman 5 Tahun

publicanews - berita politik & hukumAktris Rania Youssef dengan gaun menerawang saat menghadiri penutupan Festival Film Internasional Kairo 2018. (Foto: AFP)
PUBLICANEWS, Kairo - Aktris Mesir Rania Youssef (40) terancam hukuman lima tahun karena mengenakan gaun menerawang dalam penutupan Festival Film Internasional Kairo 2018, Kamis (29/11) pekan lalu.

Sekelompok pengacara Mesir mengajukan tuntutan ke Kejaksaan dan sidang akan digelar pada 12 Januari 2019 mendatang. Mereka menuduh Rania telah mempertontonkan tindakan cabul di muka umum dengan gaunnya tersebut.

Lewat laman Facebook-nya, Rania buru-buru menjelaskan ia tak ingin menyinggung siapapun dengan gaun tersebut. Ia mengatakan, gaun mirip jala ikan itu buatan perancang busana internasional. Ia hanya menyesuaikan dengan suasana festival.

"Saya ingin mengulangi komitmen saya terhadap nilai-nilai dan etika masyarakat Mesir," kata Youssef, seperti dikutip laman Time, Senin (3/12). Sama sekali tidak ada permintaan maaf dalam unggahannya tersebut.

Foto-foto Rania dengan gaun yang memperlihatkan kakinya hingga paha itu viral di media sosial Mesir. Warganet meminta pengadilan menghukum berat Rania atas 'ketidaksopanannya'.

Emad Hussein, editor harian independen Al Shorouk yang moderat dan dihormati mengatakan, Rania berhak mengenakan pakaian apapun yang dipilihnya. Kesalahan terbesarnya adalah ia memilih gaun yang 'lebih mirip baju renang' ketimbang gaun pesta.

"Ada hukum yang melarang menyinggung masyarakat, ada nilai-nilai kemasyarakatan yang perlu dihormati," ujar Hussein, seperti dikutip dari El Shorouk.

Kasus Rania ini merupakan contoh terbaru dari otoritas sekuler yang tak bisa mengenyampingkan mayoritas konservatisme muslim Mesir. Padahal, Presiden Abdel Fattah El Sisi yang didukung militer berkuasa pada 2014 lalu setelah menggulingkan Muhammad Mursi yang konservatif.

Namun ia tidak kuasa menahan desakan kaum konservatif yang tumbuh sejak pemerintahan Mursi. Kasus 'gaun jaring ikan' Rania ramai karena sekaligus mengingatkan dua kasus wanita penyanyi sebelumnya.

Januari 2018, pengadilan menghukum Laila Amer atas gerakan tari tak senonoh dalam video klipnya. Tahun lalu, penyanyi Shaimaa Ahmed juga divonis dua tahun lantaran memperlihatkan celana dalamnya, juga dalam klip video musiknya. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top