Turki

Jasad Khashoggi yang Dimutilasi Ditemukan di Kebun Konsul Arab

publicanews - berita politik & hukumJamal Khashoggi dan tunangannya Hatice Cengiz (Foto: Hatice Cengiz)
PUBLICANEWS, Istanbul - Kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi kian terang. Kabar terbaru menyebutkan jasad penulis Washington Post itu ditemukan di kebun kediaman Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Salah seorang politisi Turki, seperti dikutip Daily Mirror Rabu (24/10), menyebutkan potongan tubuh pria 59 tahun itu ditemukan dalam lubang yang berjarak sekitar 500 meter dari gedung konsulat tempat jurnalis senior itu dieksekusi.

Penemuan itu juga dibenarkan dua penyelidik Turki yang disampaikan kepada Sky News. Saat ditemukan potongan wajah Khashoggi sudah dalam keadaan rusak.

Laporan yang tersebar luas menunjukkan tubuhnya ditemukan dalam sumur dalam kondisi termutilasi. Laporan lain mengatakan, jari-jari Khassoggi dikirim kembali ke putra mahkota Arab sebagai piala yang mengerikan.

Kabarnya, penemuan jasad ini merupakan tamparan pernyataan pejabat Arab Saudi sebelumnya yang menyatakan jenazah Khashoggi digulung dalam karpet. Lalu, diserahkan kepada seseorang untuk dilenyapkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan resmi mengumumkan Khashoggi menjadi korban pembunuhan berencana yang kejam. Para pelaku dikoordinir oleh penasihat MBS, Saud al-Qahtani. Bahkan Qahtani melakukan Skype dengan para pelaku untuk melenyapkan Khashoggi sebelum aksi pembunuhan itu.

Saudi Akui Khashoggi Terbunuh Tapi Jasadnya Belum Diungkap

Sebanyak 15 orang pelaku diduga kuat mendapat restu dari Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) melalui Qahtani, kepercayaan dan orang terdekat MBS.

Sekutu Arab, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kemungkinan MBS terlibat dalam upaya pembunuhan tersebut.

MBS telah menahan Qahtani termasuk ke-17 orang lainnya yang terduga kuat terlibat dalam aksi mutilasi ini.

Erdogan mendesak agar ke-18 orang itu dibawa ke Turki untuk proses peradilan.

Bila benar penemuan jasad Khashoggi, maka akan membalikkan segala bantahan yang sejak awal disampaikan otoritas Arab Saudi. Khashoggi terakhir kali terlihat di Konsul Arab Saudi pada Selasa (2/10) untuk mengurus surat penikahannya dengan gadis Turki Hatice Cengiz. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top